facebook

Sering Diabaikan! Ini 4 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik

Keza Felice
Sering Diabaikan! Ini 4 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik
ilustrasi olahraga (Unsplash)

Terdapat beragam manfaat olahraga yang bisa kamu peroleh. Olahraga menjadi salah satu cara paling sederhana dan praktis untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga dan aktif bergerak secara rutin akan menjadikan tubuh lebih bugar dan juga sehat. Berikut beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan fisik yang disadur dari Alodokter. 

1. Menjaga Tekanan Darah agar Tetap Stabil

Pada orang yang sehat, olahraga secara teratur dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sedangkan untuk penderita hipertensi sendiri berolahraga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil. Beberapa jenis olahraga yang dianggap cocok untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan bersepeda, berenang, joging, jalan santai, dan yoga. 

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Diketahui bahwa olahraga juga dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, terutama bagi orang yang menderita diabetes tipe 2. Selain daripada itu, berolahraga dengan rutin juga dapat membantu mencegah terjadinya resistensi insulin yang bisa memicu penyakit diabetes.

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Melakukan olahraga secara rutin setiap hari atau minimal 3 kali per minggu bisa memperkuat otot jantung, meningkatkan kolesterol baik (HDL), melancarkan aliran darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Hal tersebut terjadi karena olahraga merupakan salah satu langkah penting dalam mencegah terjadinya penyakit kadiovaskuler, seperti stroke dan jantung. 

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Diketahui bahwa dengan melakukan aktivitas secara fisik secara teratur dapat membantu mengurangi jaringan lemak tubuh dan juga menurunkan berat badan, serta menjaganya agar tetap stabil. Hal inilah yang membuat olahraga dianggap penting dilakukan untuk mencegah ataupun mengatasi obesitas. Selain daripada itu, agar manfaat olahraga yang satu ini kamu dapatkan secara maksimal, kamu juga perlu menjaga berat badan agar tetap ideal. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Apabila selama ini kamu tidak terbiasa melakukan olahraga dan termasuk orang yang kurang aktif bergerak, cobalah untuk melakukan olahraga secara bertahap. Kamu bisa memulainya dengan olahraga yang ringan, seperti jalan santai. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak