facebook

6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Kulit Wajah yang Jarang Diketahui, Bisa Basmi Jerawat!

Zulfah Ariyani
6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Kulit Wajah yang Jarang Diketahui, Bisa Basmi Jerawat!
Ilustrasi daun kelor. (Pixabay)

Mendengar nama daun kelor, tentu langsung teringat dengan kata pepatah "dunia tak selebar daun kelor." Daun kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini memang memiliki daun yang kecil-kecil. Meskipun begitu, daun kelor ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, termasuk kulit wajah, lho.

Nah, berikut ini klikdokter merangkum enam manfaat daun kelor untuk kesehatan kulit wajah yang jarang diketahui.

1. Menghidrasi Kulit

Sekarang ini telah banyak bermunculan masker wajah berbahan dasar daun kelor. Masker wajah tersebut bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan juga bersisik. Kandungan vitamin E, asam oleat, dan antioksidan dalam daun kelor dapat membantu  menghidrasi kulit. Sehingga kulit akan terasa lembap.

2. Mengatasi Jerawat

Menurut hasil penelitian diketahui bahwa salah satu manfaat masker daun kelor adalah membantu mencegah jerawat. Dalam daun kelor terdapat kandungan antioksidan yang mampu mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, daun kelor juga memiliki sifat amtibakterial. Sehingga daun ini sangat bermanfaat untuk mengatasi dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Peradangan akibat jerawat juga mampu mereda berkat daun kelor ini.

3. Mengurangi Minyak Berlebih

Jika kamu memiliki masalah dengan minyak berlebih di wajah, kamu perlu mencoba menggunakan daun kelor sebagai perawatan wajahmu. Kandungan antioksidan yang ada dalam daun kelor dapat membantu proses regenerasi kulit wajah secara optimal.

Selain itu, antioksidan juga mampu mengatur keseimbangan hormon sehingga dapat mencegah produksi minyak berlebih dan mampu menurunkan resiko peradangan akibat jerawat.

4. Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga dapat membantu untuk menurunkan resiko penuaan dini pada kulit wajah. Kandungan vitamin A yang tinggi juga sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit.

5. Membentuk Kolagen

Daun kelor kaya akan vitamin C. Bahkan disebutkan bahwa kandungan vitamin C pada daun kelor tujuh kali lebih banyak daripada jeruk. Vitamin C bermanfaat untuk produksi kolagen alami pada kulit tubuh. Sehingga dengan menggunakan daun kelor secara rutin maka akan membuat kulit terasa lebih kenyal dan elastis.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Beragam masalah kulit mulai dari jerawat, luka kecil, hingga luka terbuka akan mengundang munculnya bakteri penyebab infeksi. Tanpa pengobatan yang tepat, luka terkecil pun mampu meningkatkan resiko infeksi, jaringan parut, dan komplikasi lainnya. Namun kamu tak perlu khawatir,daun kelor dapat membantu proses penyembuhan luka.

Itulah enam manfaat daun kelor untuk kecantikan sekaligus kesehatan kulit wajah. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak