facebook

4 Manfaat Buah Ketimun untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Dehidrasi!

Keza Felice
4 Manfaat Buah Ketimun untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Dehidrasi!
Ilustrasi timun (Pixabay)

Mentimun atau ketimun ternyata punya beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya untuk menjaga kesehatan kulit, timun juga bemanfaat untuk mencegah dehidrasi dan mendukung proses diet. Manfaat ini diperoleh dari adanya kandungan zat antioksidan serta berbagai nutrisi yang ada di dalamnya, seperti vitamin, karbohidrat, protein, dan mineral. 

Selain itu, ketimun juga rendah kalori tetapi memiliki kandungan air serta serat yang cukup tinggi. Merangkum dari Alodokter dan Klikdokter, berikut beberapa manfaat timun bagi kesehatan tubuh.

4 manfaat buah ketimun untuk kesehatan tubuh.

1. Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan merupakan molekul yang bisa membantu menghalau radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Menurut studi di “International Journal of Biomedical Science” pada tahun 2008, menyebut bahwa stres oksidatif karena paparan radikal bebas dikaitkan dengan penyakit jantung, paru-paru, kanker, dan juga autoimun.

Sementara itu, timun menjadi uah yang tinggi akan kandungan antioksidan yang mampu mengurangi kemungkinan risiko tersebut. Selain itu, timun juga memiliki kandungan flavonoid serta tannin yang mampu membantu menghambat bahaya radikal bebas.

2. Mencegah Dehidrasi

Untuk menghindari dehidrasi kamu harus mencukupi asupan minum air putih sebanyak 7 – 8 gelas per hari. Akan tetapi bila kamu merasa bosan hanya minum air putih, kamu dapat memasukkan potongan timun ataupun buah lainya dalam air untuk membuat infused water. Hal ini akan menjdikan minuman yang akan kamu konsumsi terasa lebih segar dan menjadi bernutrisi.

3. Menurunkan Berat Badan

Apabila kamu sedang menerapkan program diet sehat, mulai sekarang tak ada salahnya untuk mengurangi asupan tinggi kalori, gula, dan lemak. Misalnya minuman kemasan, makanan siap saji, minuman bersoda, hingga es krim.

Sementara, untuk mendukung tercapainya proses diet yang dijalani, kamu dapat mengonsumsi makanan rendah kalori misalnya ketimun. Kandungan serat pada timun bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Alhasil, kamu akan lebih gampang mengontrol nafsu makan.

4. Mencegah Pertumbuhan Kanker

Sebuah riset menunjukkan bahwa risiko terserang penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker usus besar bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidannya.

Sementara itu, timun diketahui memiliki kandungan antioksidan cucurbitacin, lignan, serta flavonoid yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Demikianlah 4 manfaat buah ketimun untuk kesehatan. Setelah ini kamu tak boleh lagi mengabaikan buah segar yang satu ini, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak