facebook

Yuk Simak 5 Manfaat Bawang Bombay Berikut ini, Salah Satunya Menjaga Mood

Zakiy Marenda
Yuk Simak 5 Manfaat Bawang Bombay Berikut ini, Salah Satunya Menjaga Mood
Ilustrasi Bawang Bombay(Pixabay.com)

Banyak sekali beragam masakan yang mengandalkan bawang bombay sebagai rempah untuk menyedapkan makanan, seperti tumisan, martabak, dan lain sebagainya. Bawang yang satu ini juga dapat menambah kelezatan pada makanan.

Sebagian orang menggunakan bawang bombay ini kedalam beragam masakan mereka, dikarenakan adanya nutrisi yang tinggi dan juga dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nutrisi yang terdapat di dalam bawang bombay seperti serat, karbohidrat, serat, gula, garam, vitamin C, vitamin B6, kalium, asam folat dan juga berbagai macam atioksidan alami.

Merangkum dari alodokter.com, hellosehat.com dan halodoc.com, berikut ini 5 manfaat bawang bombay yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsinya:

1.  Menangkal Radikal Bebas

Terdapat kandungan senyawa antiradang da juga antioksidan di dalam bawang bombay. Kandungan tersebut memiliki fungsi yang penting untukmu, antioksidan bisa membantu untuk meagkal adanya radikal bebas yang berlebih yang dapat menyebabkan kerusaka pada sel-sel yang masih sehat serta bisa memicu timbulya beragam penyakit. Kamu bisa menemukan antioksidan ini pada lapisan terluar yang ada pada bawang bombay.

2.  Menjaga Mood

Folat yang terkadung di dalam bawang bombay, dipercaya dapat meredakan adanya gejala depresi. Adanya kandungan folat tersebut bisa membantu untuk mencegah terbentuknya homosistein, senyawa yang dapat mencegah darah dan juga zat gizi untuk sampai pada otak secara maksimal.

Dengan ditekannya produksi homositein, maka produksi zat kimia yang ada di otak dapat diproduksi dengan lancar. Zat kimia yang ada di otak meliputi dopamin, seritonin, dan juga norepinefrin. Ketika zat kimia yang ada di otak bisa diproduksi dengan lancar maka otak lebih maksimal dalam mengatur suasana hati, nafsu makan dan jua siklus tidur.

3.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tahukah kamu, bawang bombay dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebala tubuh atau imunitas, loh. bawang bombay memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Kandungan antiksidan yang terdapat dalam bawang bombay ini mampu melindungi tubuh dari adanya serangan radikal bebas sehingga kamu tidak mudah terjangkit penyakit.

4.  Menjaga Kadar Gula Tetap Stabil

Kabar baik, nih, buat kamu yang mengidap penyakit diabetes, ternyata kadar gula darah bisa lebih stabil jika kamu megonsumsi bawang bombay, loh. Karena di dalam bawang bombay memiliki kandunga kromium, yang berperan untuk mengatur kadar gula yang ad di darah.

Bawang bombay juga dapat membantu untuk menurunkan gula darah serta produksi insulin dalam tubuh dapat meningkat.

5.  Menjaga Fungsi Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang dimiliki oleh bawang bombay membantu kinerja sistem pencernaan agar berfungsi dengan baik dan maksimal.

Terdapat kandungan serat khusus di dalam bawang bombay, seperti oligofructose. Serat tersebut membantu untuk mendorong pertumbuhan dari bakteri baik yang ada di dalam usus.

Selain itu, serat oligofruktosa juga sangat dibutuhkan guna mencegah serta mengatasi sembelit atau sulit buang air besar. Salah satu penyebab dari ambeien yang bisa mengakibatkan feses beradarah ketika buang air besar adalah sembelit.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi bawang bombany. Semoga bermanfaat.

Sumber:

https://www.alodokter.com/5-manfaat-bawang-bombay-untuk-kesehatan

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-bawang-bombay/

https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-manfaat-bawang-bombay-untuk-kesehatan

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak