facebook

5 Pilihan Obat Alami yang Ampuh Redakan Sakit Gigi

Zulfah Ariyani
5 Pilihan Obat Alami yang Ampuh Redakan Sakit Gigi
Ilustrasi sakit gigi. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Pernah merasakan sakit gigi? Ketika mengalami sakit gigi kamu tentu merasa tidak nyaman. Gigi yang terasa ngilu dan berdenyut akan sangat mengganggu aktivitasmu. Bahkan terkadang kamu bisa merasakan nyeri di sekujur tubuh akibat sakit gigi yang kamu alami. Pada kondisi tertentu, walaupun sudah minum obat pereda nyeri, namun sakit gigi tak kunjung reda. Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba menggunakan bahan alami untuk meredakan sakit gigi.

Dilansir dari Alodokter, berikut 5 pilihan obat alami untuk meredakan sakit gigi.

1. Air Garam

Air garam diyakini ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Cara membuatnya pun cukup mudah, campurkan kurang lebih setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian berkumurlah dengan air garam tersebut. Air garam berfungsi sebagai desinfektan alami yang mampu membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi. Selain itu, air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka yang ada di sekitar area dalam mulut.

2. Kompres Air Dingin

Sakit gigi juga bisa reda dengan kompres air dingin. Gunakan handuk atau lap lembut yang telah dicelup ke dalam air dingin kemudian tempelkan pada area gigi yang sakit. Dengan menggunakan kompres air dingin, maka pembuluh darah pada area tersebut akan menyempit. Sehingga rasa nyeri, peradangan, dan pembengkakan yang terdapat pada area tersebut dapat berkurang.

3. Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bahan masakan, bawang putih juga bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi sakit gigi. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi juga cukup mudah. Hancurkan beberapa siung bawang putih hingga lembut dan berbentuk menyerupai pasta. Kemudian, kamu bisa mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki kandungan antiradang dan antibakteri. Dengan adanya kandungan tersebut, daun jambu biji dapat bermanfaat untuk meredakan sakit gigi. Cara memanfaatkannya yaitu dengan mencuci bersih daun jambu biji kemudian kunyah daun tersebut. Atau kamu juga bisa merebus daun jambu biji dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

5. Kompres Teh Pepermin

Teh pepermin yang saat ini mudah kamu temukan di pasaran juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Cara menggunakannya pun cukup mudah, dinginkan kantung teh basah bekas pakai ke dalam lemari pendingin selama beberapa menit, kemudian letakkan ke area gigi yang terasa sakit.

Jika kamu telah mencoba menggunakan bahan alami di atas namun sakit gigi tak kunjung reda, maka ada baiknya kamu konsultasi ke dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa keadaan gigimu dan memberikan perawatan dan pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak