facebook

Rajin Konsumsi 6 Makanan Ini jika Ingin Memiliki Umur Panjang

Joko Utomo
Rajin Konsumsi 6 Makanan Ini jika Ingin Memiliki Umur Panjang
Ilustrasi sayuran hijau.(Pixabay.com/Sponchia)

Setiap orang termasuk kalian pasti ingin memiliki umur panjang dan tubuh yang sehat. Harapan ini dapat tercapai apabila kalian juga bersedia menerapkan pola hidup sehat dan rutin olahraga. Selain itu menurut penjelasan dari LiveStrong, ada beberapa jenis makanan yang diyakini dapat membuat umur jadi lebih panjang. 

1. Sayuran Hijau

Semua jenis sayuran sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi, khususnya yang berdaun hijau pekat karena lebih kaya kandungan nutrisi. Contohnya antara lain sawi, brokoli, bayam, selada, kale, dan daun bit. Semua sayuran tersebut mengandung folat, vitamin C, dan vitamin K yang bisa membuat tubuh selalu sehat dan bugar.

2. Kacang-Kacangan

Ahli gizi dari AS, Amanda Holtzer menyatakan, kacang-kacangan punya nutrisi yang sangat baik untuk menyehatkan organ penting di tubuh terutama jantung. Kandungan asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh yang terdapat dalam makanan ini berkhasiat tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. 

3. Tomat

Kesehatan organ jantung juga bisa kalian dapatkan melalui buah tomat. Tidak hanya mampu menstabilkan kadar kolesterol saja, tomat juga terbukti ampuh membersihkan tubuh dari oksidan atau racun dan kotoran dalam tubuh. Kandungan likopen yang ada dalam buah memiliki peran tinggi dalam mencapai dua tujuan tersebut.  

4. Outmeal

Menurut penjelasan dari Alodokter, setidaknya terdapat empat manfaat utama outmeal untuk tubuh. Selain menurunkan risiko serangan jantung, juga dapat membantu kalian dalam menjalankan program diet. Bukan itu saja, makan ini punya kemampuan tinggi menstabilkan kadar gula darah dan membuat sistem pencernaan jadi lebih sehat. 

5. Minyak Zaitun

Kendati kalian tidak bisa mengonsumsi secara langsung, minyak zaitun juga memiliki manfaat tinggi memanjangkan umur. Zat polifenol yang terkandung dalam minyak ini bersifat antioksidan dan manjur untuk menanggulangi peradangan dan kerusakan sel tubuh. Termasuk juga risiko serangan jantung dan kardiovaskular. 

6. Ikan

Banyak hasil penelitian yang membuktikan jika ikan yang punya kandungan senyawa karotenoid bisa melindungi tubuh dari penyakit saraf. Sedangkan kandungan omega-3 dalam makanan ini bisa menjaga tubuh agar tetap awet muda. Selain juga juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, alzheimer, kanker, peradangan, dan alergi. 

Melalui konsumsi semua jenis makanan di atas, kalian jadi lebih mudah memperoleh tubuh sehat dan umur panjang. Apalagi jika bersedia menghindari alkohol dan rokok, karena keduanya bersifat merugikan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak