facebook

5 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan, Bisa Merawat Kulit Wajah!

Farida Hasanatul
5 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan, Bisa Merawat Kulit Wajah!
Ilustrasi Bengkoang (Instagram/ bablenja.online)

Kamu pasti sering menemukan bengkoang pada asinan ataupun rujak buah. Bengkoang mempunyai rasa yang manis dan juga bertekstur renyah, sehingga menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Namun ternyata, bengkoang tidak hanya nikmat untuk disantap, tetapi juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Bengkoang menjadi buah yang terkenal memiliki kandungan serat cukup tinggi. Terdapat sekitar 4,9-5 gram serat dan juga 40 kalori di dalam 100 gram bengkoang. Jumlah serat ini telah sebanding dengan 10-15% dari kebutuhan serat harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Merangkum dari alodokter dan hellosehat, berikut 5 manfaat bengkoang untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

1. Melancarkan pencernaan

Serupa dengan manfaat yang terdapat dalam buah dan sayur, mengonsumsi bengkoang dapat membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan gizi dan juga serat. Karena adanya kandungan serat yang cukup tinggi pada bengkoang. 

Kandungan serat dipercaya bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Serat juga bisa membantu untuk melembutkan feses, sehingga kamu bisa terhindar dari masalah pencernaan, seperti sembelit.

2. Mencegah dehidrasi

Bengkoang memiliki kandungan air yang melimpah, sekitar 85% dari bengkoang adalah air. Jadi, jika kamu mengonsumsi bengkoang maka hal tersebut bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh kamu. Sehingga kamu bisa terhindar dari masalah dehidrasi.

3. Meningkatkan sistem imun

Terdapat sekitar 40% kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh di dalam 100 gram bengkoang. Asupan dari vitamin C di dalam tubuh memiliki fungsi yang penting guna membantu untuk menjaga serta menigkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila kekebalan tubuh meningkat, maka tubuh akan lebih kuat serta tidak akan mudah untuk terserang virus, bakteri atau jamur yang bisa mengakibatkan sebuah penyakit.

4. Meningkatkan fungsi otak

Walaupun memiliki jumlah yang kecil, tapi kandungan vitamin B6 yang terdapat di dalam bengkoang memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan. Vitamin tersebut bisa membantu saraf dan juga otak untuk bekerja lebih baik. Kandungan karbohidrat kompleks dan juga serat di dalam bengkoang baik untuk membantu dan menjaga kelancaran aliran darah ke otak.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat yang satu ini pasti kerapkali kamu dengar, hal tersebut karena adanya kandungan vitamin C yang ada di dalam bengkoang. Vitamin C adalah antioksidan yang bisa membantu untuk memproduksi kolagen agar kulit kamu tetap sehat.

Jenis vitamin C juga bisa membantu untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit yang disebabkan oleh sintesis kolagen yang ada di dalam tubuh. Vitamin C juga dipercaya bisa membantu untuk memperbaiki serta mencegah kulit kering, dan membantu untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahri.

Itulah tadi 5 manfaat bengkoang untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak