facebook

4 Jenis Obat yang Bisa Kamu Konsumsi untuk Mengatasi Nyeri Sakit Gigi

Tuan Typo
4 Jenis Obat yang Bisa Kamu Konsumsi untuk Mengatasi Nyeri Sakit Gigi
Ilustrasi wanita mengalami sakit gigi (Pexels)

Mungkin banyak di antara kalian yang pernah mengalami sakit gigi. Rasa nyeri yang timbul saat sakit gigi sangat menganggu aktivitas, bahkan terkadang membuat kepala pusing dan emosi mudah terpancing. Seseorang menjadi lebih sensitif terhadap suara berisik, hentakan, atau bahkan sentuhan saat mengalami nyeri sakit gigi.

Sebelum kita lanjut ke jenis obat yang bisa kalian konsumsi, kita bahas sedikit tentang kenapa gigi bisa berlubang bahkan sampai terasa nyeri. Merangkum dari Halodoc, ada beberapa hal yang dapat memicu timbulnya rasa nyeri seperti abses gigi, kebiasaan menggeretakkan gigi, permukaan akar gigi yang terbuka, dan penyakit gusi.

Namun, rasa nyeri yang umunya timbul pada gigi bahkan sampai menyebabkan gigi berlubang adalah kecenderungan mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan tidak segera dibersihkan dengan menyikat gigi secara teratur, sehingga bakteri membentuk plak yang menempel pada permukaan gigi. Asam yang diproduksi oleh bakteri inilah yang akan mengikis enamel gigi hingga berlubang.

Namun, jika kamu sudah terlanjur mengalami gigi berlubang dan merasakan nyeri yang tidak tertahankan, kamu bisa mencoba mengonsumsi obat untuk meredakannya. Dilansir dari Hellosehat, berikut 4 jenis obat yang bisa kamu konsumsi saat mengalami nyeri sakit gigi.

1. Paracetamol

Paracetamol tergolong dalam obat NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid). Paracetamol dapat membantu mengurangi nyeri saat kamu mengalami sakit gigi ataupun setelah mencabut gigi. Beberapa jenis paracetamol yang bisa kamu coba antara lain seperti Panadol, Sumagesic, Bodrex, Panadol, atau paracetamol lainnya.

2. Naproxen

Naproxen merupakan obat pereda nyeri yang umum dikonsumsi untuk mengobati sakit gigi. Naproxen tersedia dalam tablet dengan dosis 220mg. Salah satu merek naproxen yang bisa kamu beli adalah Xenifar.

3. Hidrogen peroksida 3%

Hidrogen peroksida merupakan antiseptik cair yang bisa kamu gunakan sebagai obat kumur saat mengalami sakit gigi. Dengan demikian, kuman peyebab sakit gigi dapat teratasi. Selain untuk sakit gigi, obat ini juga bisa kamu pakai untuk meredakan sariawan dan juga radang gusi.

4. Ibuprofen

Ibuprofen juga tergolong dalam NSAID yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan nyeri saat mengalami sakit gigi. Namun, kamu harus menghindari mengonsumsi obat ini saat perut kosong karena dapat melukai lambung. 

Demikian 4 obat yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi rasa nyeri saat sakit gigi. Sekarang, tidak perlu bingung lagi harus membeli obat apa saat sakit gigi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak