facebook

Biar Makin Sehat Sembari Puasa, Ini 5 Referensi Olahraga di Bulan Ramadan

Rizal Khoirul Huda
Biar Makin Sehat Sembari Puasa, Ini 5 Referensi Olahraga di Bulan Ramadan
ilustrasi jalan sehat (pexels.com/Mateusz Salaciak)

Bulan suci Ramadan merupakan saat yang tepat untuk melakukan berbagai kegiatan produktif. Di samping menggiatkan ibadah dan kegiatan keagamaan yang lain, kita tidak boleh lupa untuk menjaga badan tetap fit dengan berolahraga. Dengan tubuh yang bugar dapat mendukung kita untuk melakukan ibadah secara maksimal.

Mengingat kita sedang berpuasa, maka dianjurkan untuk memilih kegiatan olahraga yang relatif tidak menguras banyak tenaga.

Berikut ini adalah 5 referensi olahraga yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan.

1. Jalan Sehat

ilustrasi jalan sehat di pagi hari (pexels.com/MART PRODUCTION)
ilustrasi jalan sehat di pagi hari (pexels.com/MART PRODUCTION)

Referensi kegiatan olahraga pertama yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan adalah jalan sehat. Aktivitas jalan tidak memerlukan alat dan mudah untuk dilakukan kapan saja dan dimana saja. Aktivitas jalan diakui banyak pihak seperti dilansir laman resmi Kementerian Kesehatan, jalan sehat memberikan manfaat yaitu dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menambah kekuatan otot, menenangkan pikiran, hingga mencegah penyakit diabetes.

2. Plank

ilustrasi plank (pexels.com/Andrea Piacquadio)
ilustrasi plank (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Aktivitas olahraga selanjutnya yang recommended banget untuk di lakukan di bulan Ramadan adalah plank. Kegiatan plank tidak banyak memakan waktu dan tempat sehingga cocok untuk dikerjakan di rumah. 

Terdapat berbagai macam plank seperti full plank, elbow plank, side plank dan lain sebagainya. Dilansir Hellosehat, olahraga plank merupakan aktivitas yang dapat bermanfaat untuk memperkuat postur tubuh. Selain itu plank juga dapat mengencangkan perut, menguatkan punggung dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

3. Yoga

ilustrasi yoga (pexels.com/Cliff Booth)
ilustrasi yoga (pexels.com/Cliff Booth)

Dilansir Alodokter, yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi meningkatkan kondisi kesehatan mental dan fisik. Yoga merupakan olahraga yang dapat dilakukan di bulan Ramadan karena tidak memerlukan banyak tenaga serta fleksibel tempat dan waktu.

Yoga terdiri dari berbagai jenis seperti yang paling populer yaitu Hatha Yoga, kemudian juga ada Vinyasa Yoga untuk melatih pernapasan serta Prenatal Yoga untuk ibu hamil. Yoga memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan keseimbangan, memperbaiki postur tubuh serta menurunkan potensi tubuh untuk terkena penyakit.

4. Peregangan

ilustrasi gerakan peregangan tubuh (pexels.com/Jonathan Borba)
ilustrasi gerakan peregangan tubuh (pexels.com/Jonathan Borba)

Peregangan atau stretching merupakan jenis olahraga yang dapat kamu coba saat bulan Ramadan. Sesuai namanya, macam olahraga ini berfungsi untuk meregangkan otot sehingga tubuh menjadi rileks dan fit.

Peregangan tidak membutuhkan banyak peralatan dan fleksibel tempat serta waktu yang membuat olahraga ini cocok dilakukan di bulan Ramadan. Jenis peregangan terdiri dari static stretching, dynamic stretchingballistic stretching dan lain-lain. Dilansir Alodokter, gerakan peregangan memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki postur tubuh hingga meredakan stres.

5. Bersepeda

ilustrasi bersepeda (pexels.com/Mabel Amber)
ilustrasi bersepeda (pexels.com/Mabel Amber)

Kegiatan olahraga selanjutnya recommended banget untuk dilakukan saat bulan Ramadan yaitu bersepeda. Olahraga ini hanya membutuhkan satu alat yaitu sepeda. Kamu juga dapat menambahkan helm sebagai pengaman ketika bersepeda. Waktu yang dianjurkan untuk bersepeda yaitu pagi dan sore hari. 

Kegiatan bersepeda relatif mudah dikerjakan serta menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama teman dan kerabat. Kamu dapat mengatur jarak tempuh bersepeda sesuai dengan kondisi tubuhmu. Dikutip dari Lifebuoy, manfaat yang bisa kamu dapat dari bersepeda yaitu meningkatkan kekuatan otot, menstabilkan tubuh, hingga menurunkan resiko depresi.

Kegiatan olahraga seperti jalan sehat, yoga, hingga bersepeda merupakan aktivitas yang dapat kamu lakukan sembari menjalankan kewajiban ibadah di bulan Ramadan. Dengan berolahraga, maka kondisi tubuh menjadi fit dan dapat menjalankan puasa dan aktivitas lain dengan optimal. Semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak