facebook

Jangan Salah Langkah! Ini 5 Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak

Zulfah Ariyani
Jangan Salah Langkah! Ini 5 Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak
Ilustrasi mencuci wajah. [Freepik]

Kulit wajah berminyak ditandai dengan wajah yang terlihat mengilap. Minyak sebenarnya merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Namun, jika jumlah minyak berlebihan maka akan menyumbat pori-pori dan akan menimbulkan jerawat. Agar tidak menimbulkan masalah kulit, maka wajah berminyak perlu mendapatkan perawatan yang tepat. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

Dilansir dari Alodokter, berikut ini 5 tips merawat kulit wajah berminyak.

1. Gunakan Pembersih Wajah yang Tepat

Setiap hari setidaknya bersihkan wajahmu minimal dua kali sehari. Gunakanlah produk pembersih yang diformulasikan untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Biasanya produk tersebut mengandung bahan yang lembut, pH seimbang, dan bebas alkohol.

Selain itu, kandungan panthenol atau vitamin B5 juga bisa mengurangi minyak yang berlebih. Tak hanya itu, kandungan ini membuat kulit terhidrasi dengan baik, menjaga elastisitas kulit, dan mencegah iritasi kulit sehingga kulit tampak lebih sehat.

2. Lakukan Eksfoliasi

Kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit wajah setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati membersihkan kotoran di wajah hingga ke pori-pori. Kamu bisa memilih scrub untuk melakukan eksfoliasi. Gosokkan secara perlahan agar tidak menyebabkan kulit wajah iritasi.

3. Oleskan Pelembap Wajah

Kamu juga perlu menjaga kelembapan kulit wajah berminyak. Setelah selesai membersihkan wajah, oleskan pelembap secara merata ke wajah. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi kulit berminyak. Biasanya produk tersebut akan mudah diserap dan tidak membuat wajah mengilap.

4. Gunakan Sunscreen

Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, sunscreen merupakan hal yang wajib kamu pakai. Oleskan sunscreen secara merata setelah mengenakan pelembap. Agar wajah dapat terlindung secara maksimal, pilihlah sunscreen yang mengandung minimal SPF 30.

5. Gunakan Produk Make up yang Tepat

Bagi pemilik wajah berminyak tentu tak boleh sembarangan dalam memilih produk make up. Karena salah dalam memilih produk maka akan membuat kulit wajah mengalami kerusakan. Pilihlah produk make up yang berbasis air atau yang berlabel noncomedogenic.

Itulah beberapa tips merawat kulit wajah yang berminyak. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak