facebook

Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Tanaman Bunga Rosela untuk Kesehatan

Rozi Rista Aga Zidna
Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Tanaman Bunga Rosela untuk Kesehatan
Ilustrasi Tanaman Bunga Rosela (Instagram/@alamishopcom)

Buah rosela berwarna merah merona dan terletak di tengah daunnya yang hijau dan terlihat segar. Hal tersebut membuat tanaman ini semakin cantik untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Tidak hanya di luar ruangan, di dalam ruangan pun tanaman ini siap memperindah suasana.

Selian itu, jenis tanaman yang masih kerabat dengan kembang sepatu ini banyak dikonsumsi oleh orang yang suka dengan obat herbal. Bila diseduh dengan air panas, rosela akan berwarna merah. Setelah diminum akan terasa asam manis serta memiliki aroma yang khas.

Rosela banyak mengandung zat yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan zat yang terdapat dalam rosela bisa dijadikan sebagai obat herbal alami dan terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Berikut lima manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman rosela sebagaimana dikutip dari buku Tanaman-Tanaman Hias Ajaib karya Yusef N. Jatmika.

1. Mencegah pertumbuhan penyakit kronis

Kandungan zat pada tanaman rosela dapat menghambat proses akumulasi dari radikal bebas, yang menjadi penyebab beberapa penyakit kronis, seperti kerusakan ginjal, diabetes, jantung koroner, dan kanker darah.

2. Obat perawatan kulit

Di dalam daun rosela, terkandung asiaticoside (triterpenegylcoside) yang berfungsi merangsang pembentukan lipid serta protein yang berguna untuk perawatan dan kesehatan kulit. Asiaticoside diklasifikasikan sebagai antibiotik.

3. Bahan produk minuman

Kelopak bunga rosela dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat minuman segar, yaitu berupa sirup, teh, dan jenis minuman lainnya. Kelopak bunga rosela tersebut mengandung vitamin C, A, dan asam amino yang baik bagi stamina tubuh. Selain itu, minuman dari kelopak bunga rosela ini juga dipercaya dapat mengurangi dampak negatif dari nikotin bagi para perokok aktif.

4. Penumbuh nafsu makan

Kandungan zat yang terdapat dalam tumbuhan ini berfungsi sebagai obat penumbuh nafsu makan, karena bersifat stomachic atau perangsang.

5. Sebagai antioksidan

Dengan mengonsumsi antioksidan, maka radikal bebas yang merusak inti sel dalam kulit dapat dihilangkan. Itu sebabnya, rosela memiliki efek anti kanker. Kandungan yang paling berperan dalam fungsi ini adalah antosian atau pigmen tumbuhan.

Inilah lima manfaat dari tanaman bunga rosela yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan atau perawatan kulit. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak