facebook

4 Khasiat Mengonsumsi Zucchini, Terong Italia yang Masih Sebangsa Timun

Tulisan Ifa
4 Khasiat Mengonsumsi Zucchini, Terong Italia yang Masih Sebangsa Timun
Ilustrasi Zhucchini (istockphoto.com)

Perlu diketahui, Zucchini memiliki nama latin Cucurbita Pepo Var yang berasal dari negara Italia. Meski sering disebut sayuran, Zucchini sebenarnya adalah buah yang masih satu rumpun dengan mentimun. Uniknya, bagian daging buah dan biji zucchini masuk ke dalam golongan terong.

Tahukah kamu? Dilansir dari Hellosehat.com yang ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro, ada banyak kandungan gizi yang ada pada Zucchini. Kira-kira apa saja manfaat yang bisa didapat setelah mengonsumsi zucchini?

Berikut 4 khasiat Zucchini yang bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsi zucchini.

1. Pencernaan Menjadi Lancar

Zucchini memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Menurut Hellosehat.com, kandungan air dan serat ini dapat mendorong proses berlangsungnya pencernaan dalam perut. Dengan ini, kamu akan terhidar dari gejala sembelit.

2. Meremajakan Sel Dalam Tubuh

Selanjutnya, dr. Patricia meninjau bahwa zucchini dapat membantu merawat sel-sel dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan yang bekerja sebagai penetralisir radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita. Dengan kata lain, zucchini dapat menunda proses penuaan sel dalam tubuh.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes

Meski ada banyak sekali yang menjadi penyebab timbulnya diabetes, jika Anda menambahkan zucchini sebagai bahan pendamping pada makanan maka sedikit banyak kandungan gizi zucchini dapat mengontrol banyaknya karbohidrat dan gula darah sebagai faktor utama timbulnya penyakit diabetes. 

4. Mengobati Mata yang Bengkak

Lebih lanjut, menurut tinjauan dr. Patricia, zucchini sama seperti timun pada umumnya, dengan mengiris tipis lalu diletakkan pada mata yang bengkak dan diamkan hingga 30 menit. Lakukan secara berulang-ulang selama seminggu agar mendapatkan hasil yang baik.

Beberapa khasiat yang telah diberikan oleh zucchini tentu akan dapat secara baik diterima oleh tubuh jika mengonsumsi dengan cara yang baik pula. Pastikan mengonsumsi zucchini dengan tidak berlebihan di setiap harinya. Campurkanlah zucchini dengan beberapa olahan makanan seperti daging, ikan dan sayuran lainnya. Simpanlah zucchini ke dalam wadah tertutup jika telah dipotong agar tidak mengalami pembusukan karena udara. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak