facebook

4 Manfaat Power Nap, Penghilang Lelah dan Peningkat Stamina

Rizky Melinda Sari
4 Manfaat Power Nap, Penghilang Lelah dan Peningkat Stamina
Ilustrasi tidur siang (pexels)

Tidur siang secara singkat atau kurang dari 30 menit merupakan salah satu kegiatan positif yang bisa kamu jadikan kebiasaan. Tidur siang dengan durasi sekitar 10 sampai 20 menit ini biasa disebut dengan power napPower nap ternyata mampu meningkatkan stamina dan konsetrasi kita, loh!

Usahakan melakukan power nap kurang dari 30 menit agar kita tidak kebablasan, karena tidur siang yang terlalu panjang dapat membuat kita bangun dalam keadaan malas, lemas, bahkan biasanya enggan untuk bangun.

Beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan setelah power nap antara lain meningkatkan stamina, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kreativitas, menghilangkan rasa kantuk, serta mampu menurunkan stres.

Agar kegiatan power nap kamu berhasil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dikutip dari Hello Sehat, lakukan beberapa hal berikut agar power nap yang kamu lakukan berhasil dan memberikan dampak positif.

1. Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Kamu bisa memakai baju yang nyaman, tidur dengan bantal yang tepat, suhu yang pas, dan posisi tidur yang sesuai. Tujuan power nap adalah untuk mengembalikan stamina yang hilang, jadi kita harus bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk tidur dengan baik.

Jangan sampai suasana di sekitar membuat kita gagal dan susah tidur, yang ada justru kita hanya berakhir tiduran tanpa benar-benar tertidur.

2. Pilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat dan efektif untuk tidur siang atau power nap berada pada rentang antara jam satu sampai jam tiga siang. Waktu ini biasanya merupakan waktu-waktu ketika kita lelah, kurang konsentrasi, merasa pegal sehingga perlu istirahat.

Jangan terlalu pagi atau terlalu sore, karena namanya saja tidur siang, bukan tidur pagi atau tidur sore.

3. Setel alarm pengingat

Jangan sampai kamu lupa bangun! Setel alarm 10 sampai 20 menit ke depan agar kamu tetap bisa melanjutkan aktivitas. Jangan harap kamu bisa bangun begitu saja tanpa bantuan alarm, apalagi jika kondisi tubuh kamu saat itu sedang benar-benar lelah. 

Letakkan alarm di tempat yang agak susah dijangkau, agar kita tidak tergoda untuk mematikannya begitu saja dan melanjutkan tidur.

4. Lakukan peregangan dan minum air putih

Sesaat setelah bangun, tubuh kita akan merasa rileks dan segar, tetapi biasanya rasa kantuk masih tetap tersisa. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa melakukan peregangan ringan lalu minum segelas air putih. Selain untuk mencukupi kebutuhan air putih harian, hal ini juga dapat membuat kita segar luar dan dalam.

Setelah dirasa segar total, saatnya untuk melanjutkan kegiatan lainnya yang bermanfaat.

Itulah empat hal yang perlu kamu lakukan sebelum power nap atau tidur siang agar tidur siangmu berhasil dan memberikan manfaat. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak