facebook

Diperkaya Antioksidan! Ini 4 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan Tubuh

Keza Felice
Diperkaya Antioksidan! Ini 4 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi sambiloto (Pixabay.com)

Sambiloto memang mempunyai rasa yang pahit, tetapi juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman herbal yang satu ini sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak lama. Andrographis paniculata atau sambiloto mempunyai kandungan zat aktif yaitu andrografolida. Sementara itu pada bagian daun dan batangnya terdapat sifat antibakteri, antiradang, dan antivirus. 

Tanaman herba ini juga mempunyai kandungan antioksidan yang cukup melimpah, seperti tannin, saponin, terpenoid, dan flavonoid. Disadur dari laman Alodokter, berikut beberapa manfaat sambiloto untuk kesehatan.

1. Meredakan Gejala Flu

Sambiloto diduga dapat membantu meringankan gejala flu, seperti nyeri tenggorokan, bersin-bersin, batuk pilek, demam, dan juga mempercepat proses pemulihan flu. Berbagai manfaat ini diperoleh berkat kandungan zat yang bersifat antibakteri, antiradang, dan antivirus. 

Agar manfaatnya semakin maksimal, kamu juga dapat memilih suplemen sambiloto yang telah dikombinasikan dengan ginseng. Namun, kamu juga harus tetap menjaga pola hidup sehat seperti istirahat dengan cukup, menjauhi asap rokok maupun polusi, serta makan dan minum yang teratur. 

2. Meredakan Peradangan

Meskipun peradangan menjadi cara alami tubuh dalam memulihkan dan melindungi diri dari penyakit, infeksi, dan cedera, tetapi peradangan juga bisa membahayakan kesehatan bila terjadi dalam jangka panjang. Maka dari itu, saat mengalami peradangan dengan berbagai gejala, seperti demam, bengkak di bagian tubuh tertetu, tidak enak badan, atau nyeri, kamu harus segera mengatasinya. Salah satunya yakni dengan mengonsumsi obat herbal seperti sambiloto, sebab tanaman ini mempunyai zat antiradang yang akan membantu proses pemulihan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Diketahui, sambiloto juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan kinerja sistem imun tubuh. Tanaman herba ini diyakini dapat membantu merangsang dan memperbaiki kinerja sel-sel darah putih. Dengan demikian, tanaman ini akan lebih efektif untuk membantu melawan berbagai virus dan kuman penyebab infeksi. Bahkan, esktrak sambiloto juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam membasmi sel-sel kanker maupun daya tahan tubuh.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tanaman sambiloto yang dikonsumsi sebagai suplemen, jamu, atau teh herbal juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tanaman ini bisa melebarkan pembuluh darah agar aliran darah dapat beredar dengan lancar, sehingga tekanan darah akan tetap stabil.

Meski demikian, kamu tetap perlu berhati-hati saat mengonsumsi sambiloto, terlebih bila sedang menjalani pengobatan tertentu khususnya hipertensi atau darah tinggi. Hal tersebut karena sambiloto dapat menimbulkan efek samping yakni penurunan tekanan darah secara drastis.

Meskipun banyak manfaatnya, tetapi kamu juga tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak