facebook

5 Manfaat Asam Jawa bagi Kesehatan, Salah Satunya Penurun Kolesterol

Rozi Rista Aga Zidna
5 Manfaat Asam Jawa bagi Kesehatan, Salah Satunya Penurun Kolesterol
Ilustrasi asam jawa (Pixabay.com/ambadysasi)

Pohon asam jawa seringkali kita temui di pinggir-pinggir jalan. Di kanan-kiri jalan pedesaan juga banyak ditumbuhi pohon asam jawa. Pohon asam jawa memiliki batang yang cukup keras dan bisa tumbuh besar, tinggi dan berdaun rindang.

Bagi pecinta tanaman hias, cabang pohon asam jawa dibentuk menjadi tanaman kerdil yang laku mahal di pasaran. Jika dijadikan tanaman hias, pohon asam jawa ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman di dalam rumah (indoor), sebab bentuknya yang unik itu memiliki nilai seni tersendiri. Tidak aneh, jika kemudian tanaman asam jawa tersebut berharga mahal.

Zat yang terkandung dalam tanaman asam jawa ini tergolong lengkap, baik daun, bunga, hingga buahnya sama-sama berkhasiat. Pada buah asam jawa terkandung bermacam senyawa kimia, seperti asam anggur, asam suksinat, pektin, asam sitrat, asam tatrat, dan asam apel.

Berikut lima manfaat buah asam bagi kesehatan, berdasarkan rujukan Tanaman-Tanaman Hias Ajaib oleh Yusef N. Jatmika:

1. Penghilang jerawat

Buah asam jawa sangat bagus untuk perawatan kulit, lebih-lebih untuk menghilangkan jerawat, sebab buah asam jawa mengandung zat asam dan antibiotik. Jika ingin mengatasi masalah jerawat melalui pengobatan asam jawa, caranya adalah ambil kunyit secukupnya, lalu ditumbuk sampai halus. Lalu, tambahkan asam jawa dengan sedikit air. Ketika sudah selesai, hasil racikan tersebut bisa digunakan untuk masker penghilang jerawat.

2. Obat herbal penyakit dalam

Asam jawa juga bisa digunakan untuk obat herbal penyakit dalam, seperti penyakit jantung, peradangan dan haid yang tidak teratur, sebab di dalam asam jawa terkandung zat senyawa steroid.

3. Penurun kolesterol

Kandungan zat kimia, seperti flavonoid, saponin dan tanin, yang terdapat pada asam jawa bisa berkhasiat untuk penurun kadar kolesterol. Senyawa aktif flavonoid dan tanin yang ada pada asam jawa bisa meluruhkan lemak melalui peningkatan metabolisme dalam tubuh, sehingga terjadi proses pembakaran lemak.

4. Pelangsing tubuh

Di sampaing sebagai obat penurun kadar kolesterol, asam jawa juga berkhasiat untuk mendegradasikan lemak, sehingga berpotensi sebagai obat pelangsing alami, karena di dalam asam jawa terdapat kandungan senyawa aktif dari flavonoid dan tanin yang mempunyai sifat pembangkit enzim.

5. Obat herbal perawat rambut

Salah satu bagian dari tumbuhan asam jawa yang berkhasiat untuk dijadikan obat herbal dalam perawatan rambut adalah biji buahnya. Karena biji buah asam mengandung zat steroid yang berguna untuk kulit kepala.

Demikian lima manfaat asam jawa bagi kesehatan. Selain itu, sebenarnya asam jawa juga bisa mengobati beberapa jenis penyakit, seperti alergi, sakit perut, asma, sakit panas, remati, batuk, demam, eksim, bisul, sariawan, dan lain sebagainya, termasuk mengobati bekas gigitan ular berbisa. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak