facebook

Simak! Ini 5 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin untuk Otak

Farida Hasanatul
Simak! Ini 5 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin untuk Otak
Ilustrasi telur (Pexels.com)

Seiring dengan berjalannya waktu dan juga bertambahnya usia maka tubuh manusia juga mengalai yang namanya penuaan. Salah satu efeknya yang bisa saja terjadi yaitu menurunnya fungsi dari organ otak serta kemampuan untuk mengingat. Untuk menghambat atau memperlambat proses dari penuaan serta menjaga fungsi dari hati, maka kamu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan juga vitamin untuk otak.

Melansir dari Alodokter, berikut ini 5 daftar makanan yang mengandung vitamin untuk otak:

1. Kacang-kacangan

Di dalam kacang-kacangan terdapat kandungan seperti protein, lemak baik, antioksidan dan juga vitamin E. Sebuah penelitian mengungkapkan, makanan yang sangat baik untuk otak seperti kacang-kacangan ini bisa membantu untuk meningkatkan kemapuan kognitif serta membantu untuk mengurangi efek dari kerusakan otak yang berkaitan dengan penuaan.

2. Ikan

Hampir 60 persen komponen yang ada di dalam otak terdiri dari lemak, biasanya lemak dnegan jenis omega-3. Otak menggunakan lemak jenis omega-3 ini untuk membantu dalam membangun sel saraf yang ada di dalam otak, yang memiliki peran dalam proses mengingat dan juga belajar.

3. Kunyit

Di dalam kunyit terdapat kandungan antiradang dan juga antioksidan yang bisa membantu untuk meningkatkan daya ingat. Kunyit juga bisa membantu pertumbuhan sel-sel baru yang ada di dalam otak. 

4. Telur

Adanya kandungan vitamin B6, folat, vitamin B12 serta kolin yang terdapat di dalam telur merupakan makanan yang sangat baik untuk otak. Tubuh membutuhkan kolin untuk membantu dalam membentuk zat kimia otak yang bertugas untuk mengatur mood dan juga ingatan.

5. Teh hijau

Apabila kamu mengonsumsi teh hijau dengan porsi yang tepat, maka hal tersebut bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi serta mengingat. Adanya kandungan asam amino L-theanine yang terdapat di dalam teh hijau dapat dipercaya untuk membantu mengaktifkan bagian-bagian otak yang memiliki peran sebagai memfokuskan perhatian.

Itulah tadi beberapa daftar makanan yang mengandung vitamin, dan sangat diperlukan oleh otak manusia. Apakah makanan favoritmu masuk ke dalam daftar di atas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak