facebook

4 Manfaat Kandungan Baik Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Wajib Tahu!

Tulisan Ifa
4 Manfaat Kandungan Baik Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Wajib Tahu!
Ilustrasi Buah Tin (pexels.com)

Buah tin atau dengan nama latin Ficus Carica ini ditemukan pertama kali di area Asia Barat. Namun seiring perkembangan zaman, ternyata buah ini bisa dibudidayakan di Indonesia, lho! Terlepas dari asal muasal buah tin, jika melihat dari tinjauan dr. Mikhael Yosia dalam hellosehat, buah tin memiliki kandungan baik yang dapat diserap oleh tubuh manusia jika mengonsumsinya. Apa saja kandungan baik tersebut? berikut 4 manfaat buah tin untuk kesehatan, seperti yang telah dirangkum dari hellosehat.

1. Mampu Menjaga Kesehatan Kulit

dr. Mikhael Yosia menuturkan bahwa ada kandungan antioksidan di dalam buah tin yang bisa mendorong senyawa kolagen yang akan mengencangkan dan melembabkan kulit tubuh. Lebih lanjut, ternyata buat tin juga diketahui bisa membantu gejala gatal-gatal pada kulit serta rasa perih akibat alergi pada anak-anak, lho!

2. Menguatkan Organ Tulang

Menurut hellosehat, buah tin memiliki kandungan kalsium dan kalium. Perlu diketahui, kedua mineral ini dapat menguatkan organ tulang dan mencegah pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Oleh karena itu, buah tin sangat cocok dikonsumsi untuk para lansia.

dr. Mikhael melanjutkan, Kalium dapat merawat organ tulang agar lebih sehat dan buah tin dapat mengurangi risiko kerusakan tulang.

3. Menghindarkan Dari Penyakit Jantung

Kandungan baik dari buah tin selanjutnya adalah buah tin dapat mencegah dari penyakit jantung. Sesuai dengan tinjauan dr. Mikhael Yosia, buah tin mempunyai kandungan kalium yang merupakan komponen penting guna membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

4. Melancarkan Saluran Pencernaan 

Menurut hellosehat, buah tin dapat mencegah risiko sejumlah permasalahan pencernaan contohnya seperti sembelit, diare, dan gangguan pencernaan kronis seperti IBS (irritable bowel syndrome). Berdasarkan tinjauan dr. Mikhael, hal ini dikarenakan ada zat pektin yang dimiliki oleh buah tin yang dapat meningkatkan kerja usus sekaligus mengurangi nyeri pada perut manusia.

Itulah 4 manfaat buah tin untuk kesehatan. Perlu diketahui, selain dikonsumsi secara langsung, buah tin dapat diolah menjadi berbagai aneka makanan dan minuman. Cobalah mengonsumsi buah tin dengan cara diolah menjadi bahan dasar kue atau bisa juga dengan mengolahnya sebagai minuman jus. Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak