facebook

Mengandung Protein, 3 Cara Aman Mengolah Kerang untuk Ibu Hamil

Tulisan Ifa
Mengandung Protein, 3 Cara Aman Mengolah Kerang untuk Ibu Hamil
Potret Kerang (Pixabay)

Kerang atau yang memiliki nama latin Bivalvia ini adalah salah satu makanan yang kaya akan sumber protein, ada omega 3 di dalamnya serta zat besi yang baik untuk tubuh. Kerang memiliki berbagai macam ragam jenis, salah satunya yaitu kerang laut yang termasuk seafood.

Berdasarkan penjelasan dr. Anandika Pawitri dalam laman resmi sehatq, dalam memasak kerang sebaiknya kamu perlu hati-hati. Hal ini karena kerang adalah golongan seafood yang harus diperhatikan tingkatan kematangannya. 

Seperti apa cara aman mengolah kerang sebagai makanan? Berikut 3 cara aman mengolah kerang untuk ibu hamil.

1. Mengikuti Anjuran Dokter Gizi atau Kandungan Tentang Cara Memasak Kerang

Salah satu cara mengonsumsi kerang untuk ibu hamil yang aman adalah dengan mendengarkan aturan yang direkomendasikan. dr. Anandika Pawitri sependapat dengan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menganjurkan bahwa memasak kerang untuk ibu hamil bisa dikonsumsi sebanyak 8-12 ons atau 2-3 per porsi setiap minggunya.

2. Memilih Kerang yang Kualitasnya Bagus

Selanjutnya, cara mengonsumsi kerang untuk ibu hamil yang aman lainnya adalah dengan memilah kerang segar yang berkualitas bagus.

dr. Anandika Pawitri menyarankan jika membeli kerang sebaiknya beli di supermarket yang terjaga kebersihannya. Namun, biasanya kerang banyak dijumpai di pasar-pasar terdekat. Apabila kamu tidak ingin segera ingin memasak kerang secara langsung, sebaiknya simpan kerang di dalam freezer.

3. Perhatikan Kematangan Kerang Ketika Dimasak

Jika kamu dalam kondisi sedang hamil, sebaiknya menghindari makan makanan kerang mentah. Hal ini dilakukan karena kerang mentah mengandung bakteri atau virus yang dapat membahayakan janin kamu di dalam kandungan.

dr. Anandika Pawitri menuturkan, bakteri atau virus apa pun yang ada pada daging kerang mentah biasanya akan mati apabila dimasak dengan benar dan matang. Oleh karena itu, cara mengonsumsi kerang untuk ibu hamil yang aman adalah dengan memasaknya sampai kematangan yang sempurna pada suhu internal 63 derajat Celsius. Hal ini ditujukan untuk langkah mengurangi risiko keracunan makanan.

Itulah ketiga cara aman mengolah kerang untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak