facebook

Makin Sehat! Ini 6 Manfaat Tidur Siang bagi Tubuh

Muhammad Afsal Fauzan S.
Makin Sehat! Ini 6 Manfaat Tidur Siang bagi Tubuh
Ilustrasi tidur siang.(Freepik/jcomp)

Tidur siang ternyata punya manfaat meskipun durasinya tidak selama tidur malam. Selain itu, tidur siang juga bermanfaat mengatasi kurang tidur. Tidur siang bagi sebagian orang masih dianggap tidak penting, dan diremehkan namun ternyata memiliki segudang manfaat.

Inilah 6 manfaat tidur siang bagi tubuh dikutip dari doktersehat.com:

1. Memperkuat Imunitas

Kurang tidur terus menerus bisa berpengaruh pada fungsi neuroendokrin dan sistem kekebalan karena meningkatkan molekul inflamasi yang disebut sitokin, serta hormon stres semisal kortisol dan norepinefrin.

Salah satu studi menjelaskan, seseorang yang kurang tidur di malam hari, memiliki kadar sitokin dan kadar norepinefrin yang tinggi ketika tes darah dan urine. Tetapi, ketika tidur siang, tingkat sitokin dan norepinefrin kembali normal, seperti tidak pernah kehilangan waktu tidur.

2. Menambah Fokus di Malam Hari

Buat kamu yang bekerja di malam hari, sejumlah penelitian mengungkapkan, tidur siang selama 30 menit sampai 4 jam, bisa meningkatkan kinerja dan fokus. 

Walaupun demikian, studi lain menjelaskan bahwa tidur siang bisa meningkatkan kinerja dan fokus yang lebih lama ketimbang kafein.

3. Menambah Kewaspadaan di Siang Hari

Apabila mengantuk di siang hari, kamu harus tidur beberapa waktu. Berdasarkan sejumlah penelitian, tidur siang singkat lebih efektif ketimbang tidur siang yang lama. 

Waktu paling efektif tidur siang adalah 10 menit, sementara tidur selama 30 menit bisa menghasilkan efek yang sama namun mengakibatkan ‘periode gangguan kewaspadaan’.

4. Mempermudah Proses Belajar

Apabila kamu mau belajar keterampilan baru dengan baik, kamu mungkin perlu lebih rutin tidur siang. Sebuah studi menunjukkan, seseorang yang terbiasa tidur siang mempunyai kemampuan mengingat lebih baik.

Para peneliti menjelaskan, kondisi otak orang yang rutin tidur siang mengkonsolidasikan pembelajaran motorik dengan lebih baik. Dengan demikian, hal ini adalah bagian dari proses mempelajari keterampilan baru.

5. Menambah Stamina 

Sebuah studi menunjukan, manfaat tidur siang tidak cuma untuk kesehatan mental, namun berdampak positif untuk stamina dan performa fisik. 

Studi ini dilaksanakan terhadap 10 pria sehat lewat serangkaian sprint sebelum dan setelah tidur siang selama 30 menit setelah makan siang. Hasilnya, partisipan membuktikan waktu sprint lebih baik usai tidur di siang hari.

6. Memperkuat Memori Asosiatif

Walaupun tidur malam yang teratur merupakan salah satu fungsi agar mengonsolidasikan memori, namun hal itu pun dapat dilakukan di siang hari. 

Sebuah studi menunjukkan, tidur siang bisa meningkatkan memori asosiatif atau kemampuan untuk membuat koneksi antara objek yang tidak berhubungan satu sama lain.

Memori jenis ini bertujuan mengingat hubungan antara dua item yang tidak punya hubungan. Selain itu, bentuk memori ini kerap terjadi tanpa sadar. Sebab, sifat memori asosiatif ialah otomatis dan terjadi di alam bawah sadar, memori ini punya kecenderungan mempengaruhi pengalaman, kepercayaan, serta emosi.

Memori asosiatif merupakan apa yang memungkinkan individu untuk membuat koneksi dan kesimpulan khusus. Bahkan, saat sesuatu tidak dijelaskan dengan jelas dan rinci.

Itulah manfaat tidur siang yang bagus untuk kesehatan kamu. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak