facebook

3 Penyebab Perut Bunyi tapi Kondisi Tidak Lapar, Masih Jarang Diketahui

Sunatus Solikhah
3 Penyebab Perut Bunyi tapi Kondisi Tidak Lapar, Masih Jarang Diketahui
Ilustrasi penyebab perut bunyi (Pixabay)

Untuk kamu yang belum tahu, penyebab perut bunyi bukan hanya karena kondisi sedang lapar saja. Seperti kita tahu, bahwa kebanyakan orang saat mengalami lapar perutnya tiba-tiba bunyi dan hal ini normal terjadi.

Penjelasannya, rasa lapar bisa meningkatkan konsentrasi zat sejumlah tertentu pada bagian otak. Situasi inilah yang membuat rasa lapar melakukan pengiriman sinyal ke bagian perut serta usus.

Dampaknya, perut mengalami kontraksi, lalu menimbulkan suara seperti yang biasanya kita dengar. Beberapa penyebab perut berbunyi lainnya merangkum dari situs hellosehat. sebagai berikut.

Beberapa Penyebab Perut Bunyi

1. Adanya Penumpukan Gas pada Perut

Kemungkinan penyebab pertama adalah adanya penumpukan gas pada bagian perut. Ada berbagai hal yang menyebabkan adanya penumpukan ini, salah satunya makan terlalu cepat. Penyebab lainya minum saat olahraga atau makan sambil berbicara.

Secara normal, gas selalu ada dibagian usus dan asalnya dari pelepasan gas yang terjadi dalam saluran pencernaan atau udara tertelan. Bila kandungan gas pada bagian usus berlebih, bisa bergerak maju dan mundur.

2. Tersumbatnya Pembuluh Darah

Penyebab perut bunyi berikutnya yaitu pembuluh darah tersumbat. Jadi, saat terjadi penyumbatan pembuluh darah, perolehan usus memperoleh aliran darah yang baik menjadi terhambat.

Terdapat berbagai macam keadaan yang mampu memicu situasi ini, salah satunya saat mengalami pembekuan darah. Akibat yang ditimbulkan adalah terjadinya oklusi arteri mesenterika.

3. Usus Tersumbat

Penyebab terakhir yaitu usus mengalami penyumbatan. Seperti yang kita ketahui bahwa permasalahan pada bagian usus memberikan pengaruh terhadap timbulnya bunyi perut. Salah satu permasalahan usus ini adalah terjadinya penyumbatan.

Suara yang timbul akibat usus tersumbat bisa terjadi saat gas serta cairan sulit untuk melawati saluran pencernaan. Kondisi ini mengakibatkan jumlah dari gerakan peristaltik meningkat untuk membantu proses tersebut yang membuat perut menghasilkan bunyi.

Sebenarnya masih ada berbagai penyebab lainnya, seperti karena kondisi medis tertentu. Antara lain trauma, alergi terhadap makanan tertentu, hipokalemia, pemakaian obat pencahar, terjadinya tumor pada bagian saluran pencernaan dan masih banyak lagi lainnya.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini, yaitu makan tidak perlu terburu-buru, secara perlahan saja, konsumsi jenis makanan sehat. Bila penyebab perut bunyi tidak juga teratasi, Anda bisa langsung mengkonsultasikannya kepada dokter.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak