facebook

4 Manfaat Penting Bangun Pagi untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa

Mericy setianingrum
4 Manfaat Penting Bangun Pagi untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa
Ilustrasi bangun pagi (Pexels.com/Michelle Leman)

Mungkin bagi sebagian orang akan mengalami kesulitan untuk bangun pagi karena rasa malas. Belum lagi kualitas tidur di malam hari yang buruk dan gemar begadang akan membuat orang masih merasa kantuk sehingga enggan untuk bangun pagi. Padahal bangun pagi ini mempunyai banyak efek yang luar biasa baik untuk kesehatan fisik dan mental. Dirangkum dari nestle.com, berikut empat manfaat bangun pagi bagi kesehatan fisik dan jiwa

1. Punya banyak waktu untuk siapkan aktivitas

Dengan bangun pagi atau bangun lebih awal, ini tandanya kamu mempunyai waktu yang lebih banyak sebelum melakukan sederet pekerjaan. Hal ini akan memberikan kesempatan kamu dalam mempersiapkan diri sebelum memulai aktivitas sehari-hari. 

Seperti misalnya, menyiapkan sarapan pagi, olaharga pagi agar tubuh lebih semangat dan berenergi serta menyiapkan pekerjaan apapun. 

2. Menikmati udara pagi yang segar

Saat bangun pagi, maka kamu mempunyai waktu untuk keluar rumah sejenak, menghirup udara pagi dan bisa dibarengi dengan melakukan olahraga ringan agar tubuh sehat bugar. 

Pasalnya pagi hari adalah waktu terbaik untuk paru-paru dan jika kita menghirup udara segar di pagi hari ini maka ini baik untuk membantu proses pembersihan paru-paru. 

3. Meningkatkan kualitas tidur

Membiasakan diri dengan bangun pagi atau lebih awal ini akan membuat kamu menjadi dapat tidur lebih awal. Dengan tidur lebih awal dan bangun di pagi hari, hal ini akan membuat kualitas tidur kamu lebih baik. 

Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Stockholm di tahun 2010, ditemukan hasil yang menarik bahwa orang yang kurang tidur akan terlihat kurang sehat, kurang aktraktif dan mudah lelah.

4. Memiliki rasa bahagia dan terhindar dari stres

Dengan bangun di pagi hari ini bisa membuat kamu tidak buru-buru dalam melakukan sederet aktivitas dengan baik. Selain itu, kamu juga akan merasa lebih tenang dan nyaman dalam melakukan sesuatu, terbebas dari stres yang membebani diri serta dapat membuat mood berantakan. 

Seperti halnya dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Roehampton University, London, di tahun 2011 terkait perilaku orang dewasa. Hal ini ditemukan bahwa orang yang bangun pagi cenderung akan lebih bahagia, lebih teliti, dan lebih ideal berat badannya. 

Itulah empat manfaat bangun pagi bagi kesehatan fisik dan jiwa. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak