facebook

4 Manfaat Saffron, Si Merah yang Pernah Populer

Zakiy Marenda
4 Manfaat Saffron, Si Merah yang Pernah Populer
ilustrasi gambar saffron (Pixabay.com)

Saffron merupakan salah satu rempah yang dapat kamu pakai untuk menyedapkan rasa pada makanan, bisa juga kamu gunakan untuk memberi warna pada makanan dan juga minuman, hingga membantu untuk mnegurangi adanya gejala penyakit. 

Saffron merupakan rempah yang berasal dari sebuah bunga yaitu Crocus sativus. Berbentuk menyerupai benang yang halus dan juga tipis, memiliki warna merah serta lembaran kecil. Pembuatan saffron melalui proses yang cukup sulit, karena untuk mendapatkan 500gram saja dibutuhkan sebanyak 75ribu pucuk bunga safrron. Sehingga menjadikan saffron menjadi rempah yang paling mahal di dunia, karena memang membutuhkan tenaga yang cukup banyak untuk memproduksi dan juga memanennya.

Merangkum dari hellosehat, klikdokter, halodoc, dan alodokter, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari saffron:

1.  Antioksidan

Terdapat beragam kandungan yang bersifat sebagai antioksidan. Rempah yang satu ini juga telah terbukti mampu untuk melawan adanya radikal bebas serta stres oksidatif. Warna merah yang ada pada saffron berkat kandungan antioksidan seperti krosetin dan juga krosin. Sedangkan untuk rasa dan juga aroma khas saffron berkat adanya senyawa antioksidan seperti safranal. Sedangkan kaempferol yang terdapat pada kelopak bunga saffron juga berfungsi untuk meredakan peradangan yang ada dalam tubuh.

2.  Meringankan nyeri haid

Sebagian wanita pastinya pernah merasakan gejala yang membuat tidak nyaman ketika akan datang bulan dan keadaan tersebut kerapkali disebut dengan PMS atau Pre Menstrual Syndrome. Umumnya kamu akan merasa pusing dan juga mengalami kram pada perut. 

Saffron bisa membantu untuk meringankan nyeri haid yang kamu rasakan selama periode PMS. Bunga saffron juga efektif untuk meredakan rasa cemas yang kamu alami dan juga suasana hati yang tidak stabil ketika sedang haid.

3.  Membantu pengobatan kanker

Sebuah penelitian mengatakan bahwa safrron mampu untuk menekan pergerakan pertumbuhan sel kanker yang terjadi pada kanker usus. Salah satu komponen antioksidan crocin yang ada di dalam saffron mampu untuk membuat sel kanker menjadi lebih sensitif akan kemoterapi.

4.  Mengurangi nafsu makan

Sebagian wanita yang mengonsumsi ekstrak saffron merasakan kenyang yang lebih lama, sehingga mengurangi hasrat untuk makan dan juga nyemil. Wanita yang mengonsumsi ekstrak saffron ini selama 8 minggu juga mengalami adanya penuruan berat badan yang cukup signifikan.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi saffron, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak