facebook

5 Penyakit Mematikan yang Diawali Gejala Pusing, Jangan Disepelekan

Annisa Nur Fitriani
5 Penyakit Mematikan yang Diawali Gejala Pusing, Jangan Disepelekan
ilustrasi pusing (pixabay.com/RobinHiggins)

Kita kerap menyepelekan begitu saja saat merasakan pusing di kepala. Sebaiknya, jangan pernah menyepelekan hal ini karena mungkin saja, ini merupakan sinyal yang diberikan oleh tubuh kamu karena mengalami kondisi tertentu. Bila pusing yang kamu rasakan tak kunjung hilang, bisa jadi ada indikasi akan penyakit berbahaya yang mungkin saja dialami oleh tubuh kamu, lho. Kondisi semacam ini bisa dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa dengan intensitas yang berbeda-beda tergantung dari penyebab pusing itu sendiri.

Bila kerap mengalami pusing kamu sepatutnya harus waspada karena bisa jadi sederet penyakit ini sedang mengintaimu. Apa sajakah penyakit yang dimaksud?

1. Hipotensi

Tekanan darah orang normal berada pada rentang 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg bila seseorang memiliki tekanan di bawah rentang tersebut bisa dikatakan ia mengalami hipotensi. Hipotensi atau tekanan darah rendah akan menyebabkan terhambatnya aliran darah pada tubuh. Terhambatnya aliran darah inilah yang menyebabkan kamu sering merasa pusing.

Terkadang gejala lain juga menyertai seperti halnya jantung berdebar kencang, pandangan menjadi buram, mual hingga pingsan. Penyebab hipotensi di antaranya ketidakseimbangan hormon, kurang cairan tubuh, berdiri terlalu lama, atau adanya perubahan posisi dari duduk menjadi berdiri. Bila tidak segera diatasi, penderita hipotensi dapat berpotensi untuk mengalami kematian mendadak. Hal ini selaras yang dituturkan oleh Priyanka T. Bhattachary seorang peneliti dari University of Pennsylvania dalam bukunya yang berjudul Hypotension. 

2. Vertigo

Ciri penyakit vertigo yang paling sering mudah dikenali adalah adanya gangguan keseimbangan pada diri seseorang. Biasanya hal ini ditandai dengan munculnya gejala pusing. Tak seperti pusing kebanyakan, penderita vertigo akan mengalami keadaan pusing yang membuat mereka seolah berputar.

Dikatakan dalam Journal of Medical Research yang diterbitkan tahun 2020 lalu, pada kondisi yang sangat parah, vertigo jelas menyebabkan gangguan pada aktivitas kita sehari-hari. Selain pusing dan berputar vertigo juga disertai dengan beberapa gejala seperti mual, muntah atau gerakan pada bola mata yang tidak normal.

Biasanya penyakit vertigo muncul karena adanya gangguan pada telinga, otak atau cedera pada kepala. Bila kamu merasakan gejala serupa segera beristirahatlah dan tak lupa untuk langsung pergi ke dokter bila sudah dalam kondisi pusing tak tertahankan

3. Gula darah rendah

Penyakit gula darah rendah atau dalam istilah medis disebut dengan hipoglikemia. Gangguan kesehatan ini disebabkan karena rendahnya kadar gula dalam darah. Menurut penjelasan yang tertuang dalam jurnal tentang hipoglikema yang diterbitkan oleh The American Journal of Medicine disebutkan bahwa, umumnya penderita gula darah rendah atau hipoglikemia akan mengalami pusing.

Pusing yang kamu rasakan juga disertai gejala lain seperti kelelahan, mudah marah, gemetar serta jantung berdetak cepat. Selain melakukan pemeriksaan medis, kamu juga bisa mencegah hal ini terjadi dengan memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Tak lupa, selalu pantau kadar gula darah secara berkala.

4. Anemia

Kita sering kali keliru, nih antara anemia dan hipotensi. Meski sama-sama merasakan gejala pusing, anemia merupakan gangguan kesehatan yang kita alami karena kurang darah. Sementara hipotensi adalah gangguan kesehatan yang dialami seseorang karena mempunyai tekanan darah rendah.

Berdasarkan hasil penelitian dari PubMed Central disebutkan bahwa anemia terjadi apabila sel darah merah dalam tubuh lebih sedikit dari jumlah normal pada umumnya. Bila kamu mengalami anemia, maka suplai oksigen dan darah tidak dapat dipenuhi oleh tubuh sehingga membuat badan kita merasa pusing. Jangan pernah anggap sepele anemia, ya karena tanpa penanganan yang baik penderita anemia dapat mengalami kematian mendadak.

5. Meningitis

Meningitis atau radang selaput otak merupakan peradangan yang terjadi pada meningen (lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan juga tulang belakang). Salah satu gejala awal meningitis adalah merasakan pusing. Pusing yang dialami terasa sakit dan tak berkesudahan disertai beberapa gejala lain yang mirip sekali dengan penyakit flu seperti demam.

Mengutip laman webmd, faktor jadi pemicu terjadinya meningitis adalah infeksi karena kuman, penyakit kanker, lupus, atau efek samping obat-obatan. Bila kamu merasakan pusing yang tak berkesudahan sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan, ya sebelum kondisi yang kamu alami semakin parah.

Mulai saat ini jangan pernah sepelekan pusing yang kamu alami, ya. Jangan sampai karena abai kamu justru mengalami sederet penyakit seperti di atas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak