facebook

4 Manfaat Mandi Air Hangat, Salah Satunya Dapat Meredakan Sakit Kepala

Mericy setianingrum
4 Manfaat Mandi Air Hangat, Salah Satunya Dapat Meredakan Sakit Kepala
Ilustrasi mandi air hangat (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa yang tidak suka mandi dengan air hangat dan ternyata mempunyai banyak manfaat, lho! Pasalnya, banyak orang di luar sana yang memilih mandi dengan menggunakan air hangat saat cuaca sedang dingin. 

Suhu maksimal untuk mandi air hangat sebaiknya adalah 40 derajat celcius dan apabila meleibihi dari itu bisa menyebabkan kulit terasa kering bahkan dapat menimbulkan luka bakar. Selain itu, mandi dengan air hangat bisa dilakukan baik pagi hari ataupun sore hari. 

Dirangkum dari gramedia.com, berikut ini adalah empat manfaat mandi air hangat yang berdampak baik bagi kesehatan tubuh

1. Menghilangkan sakit kepala

Salah satu manfaat mandi air hangat yakni adalah dapat meredakan sakit kepala dan umumnya ini disebabkan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah kepala. 

Dengan mandi air hangat ini maka pembuluh darah tersebut akan terasa rileks dan tekanan yang ada dalam pembuluh darah lama-lama akan mereda. 

Hal inilah yang membuat rasa sakit kepala hilang dan apabila kamu sedang merasakan sakit kepala cobalah untuk mandi dengan menggunakan air hangat. 

Namun, jangan terlalu lama melakukannya dan cukup mandi dalam waktu secukupnya saja. 

2. Kualitas tidur lebih baik

Ada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Sleep Medicine Reviews dimana studi ini membicarakan tentang mandi air hangat. 

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa mandi menggunakan air hangat 90 menit sebelum tidur adalah hal yang bagus. 

Hal ini akan membuat kamu dapat tertidur lebih cepat dan riset ini membuktikan bahwa manfaat mandi air hangat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Selain itu, bagi kamu yang kerap mengalami insomnia juga dapat mandi dengan air hangat supaya temperatur di dalam tubuh akan memberikan sebuah sinyal dan sinyal ini berisi informasi bahwa kamu sudah siap untuk tidur.

3. Memberikan dampak terapeutik

Mandi dengan air hangat dapat menjadi sarana terapi bagi tubuh atau terapeutik. Ada seorang dermatologis asal New York, Amerika Serikat, dr. Bobby Buka mengungkapkan manfaat mandi air hangat.

Menurut pendapatnya, kamu dapat merasakan manfaat mandi air hangat yang baik untuk kesehatan.

Hal ini dapat terjadi karena kulit dapat membuat hormon endorphin dan hormon ini terjadi saat dibasahi oleh air hangat. 

Kemudian, air hangat akan membuat suhu tubuh meningkat dan menyebabkan sel neuron menjadi lebih peka sehingga denyut jantung akan meningkat.

Pasalnya, air hangat akan membuat aliran darah ke kulit meningkat dan untuk mendapatkan sensasi lain kamu dapat menambahkan garam ke dalam air tersebut. 

4. Meningkatkan sistem pernapasan

Temperatur pada air hangat dan tekanan pada dada ini akan menimbulkan reaksi.Hal ini akan membantu meningkatkan kapasitas dari paru-paru dan asupan oksigen juga akan meningkat atau sama seperti efek sauna.

Dalam beberapa studi, air hangat memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Bahkan mandi air hangat dapat membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung. 

Selain itu, mandi air hangat dapat mengontrol kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah seseorang. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak