facebook

Kenali! 5 Perubahan Fisik Ibu Hamil pada Trimester Pertama

Rozi Rista Aga Zidna
Kenali! 5 Perubahan Fisik Ibu Hamil pada Trimester Pertama
Ilustrasi ibu hamil (pixabay.com/fezailc)

Pada usia hamil seorang ibu mengalami perubahan-perubahan pada dirinya, entah itu perubahan dari segi fisik maupun perubahan dari segi emosional. Terkadang pada masa awal kehamilan, seorang ibu tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Berikut lima perubahan-perubahan fisik ibu hamil pada trimester pertama, sebagaimana disadur dari tulisan Dewi Kartika Alam, Warning! Ibu Hamil:

1. Mual dan muntah

Mual dan muntah ini nyaris 50% dialami oleh ibu hamil, biasanya dimulai sejak awal kehamilan. Umumnya terjadi di awal kehamilan sampai tubuh ibu mampu beradaptasi dengan perubahan hormon. Mual dan muntah ini dapat terjadi setiap saat dan akan berakhir pada 14 minggu kehamilan. Pada beberapa kasus, mual dan muntah terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua dan ketiga.

2. Sering buang air kecil

Keinginan sering buang air kecil pada awal kehamilan ini dikarenakan rahim yang membesar dan menekan kandung kemih. Keadaan ini akan lenyap pada trimester kedua dan akan muncul lagi pada akhir kehamilan, disebabkan kandung kemih dapat tekanan dari kepala janin.

3. Meningkatnya cairan vagina

Peningkatan produksi cairan vagina disebabkan oleh peningkatan suplai darah dan hormonal. Kualitas dan kuantitas dari bercak vagina berubah pada usia hamil. Umumnya yang terjadi pada seorang wanita, produksi cairan vagina lebih banyak saat hamil. Cairan vagina yang normal berwarna putih atau bening, tidak gatal, tidak berbau, atau terlihat berwarna kuning ketika lengket pada pakaian dalam.

4. Kram perut

Kram perut saat trimester pertama kehamilan terasa seperti kram saat menstruasi di perut bagian bawah atau rasa sakit seperti ditusuk-tusuk yang terasa hanya beberapa menit dan tidak sering. Kondisi ini terbilang normal, yang terjadi sebagai akibat adanya pertumbuhan dan pembesaran rahim. Saat itu otot dan ligamen meregang untuk menyokong rahim.

5. Peningkatan berat badan

Pada akhir trimester pertama, ibu hamil akan merasa kesulitan memasang kancing baju atau kancing celana panjangnya. Hal ini bukan sebab adanya peningkatan berat badan yang banyak, namun karena rahimnya telah berkembang dan memerlukan ruang. 

Inilah lima perubahan-perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil saat trimester pertama. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak