facebook

Ada Kalium dan Vitamin C, Ini 5 Manfaat Buah Pisang untuk Kecantikan Wajah!

diemaya dewi
Ada Kalium dan Vitamin C, Ini 5 Manfaat Buah Pisang untuk Kecantikan Wajah!
Ilustrasi pisang (Unsplash/stopboxstudio)

Musa paradisiaca adalah nama latin dari buah pisah. Buah pisang banyak tumbuh di daerah Asia tenggara, terutama Indonesia. Mengutip dari dr. Reni Utari dalam tinjauannya di laman resmi sehatq mengatakan bahwa selain bisa bantu pencernaan, buah pisang juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit wajah. Bagaimana cara kerja pisang sehingga bisa membantu kulit wajah jadi lebih sehat serta apa saja manfaatnya? Berikut lima manfaat buah pisang untuk kecantikan kulit wajah.

1. Bantu Kurangi Kerutan di Wajah

Kerutan bisa timbul karena kulit wajah yang sudah mengendur, bisa juga karena faktor usia. Menurut dr. Reni Utari dalam bahasannya di sehatq, buah pisang mengandung silika, bagi yang belum tahu, silika merupakan sebuah senyawa kimia yang dipercaya bisa meningkatkan kolagen pada kulit. Oleh karena itu, kandungan silika inilah yang dipercaya bisa mengurangi kerutan di kulit.

2. Mencerahkan Wajah

Manfaat selanjutnya, buah pisang dipercaya bisa bantu mencerahkan kulit. Melansir dari sehatq, kandungan antioksidan yang tinggi dalam pisang bisa dijadikan sebagai masker alami untuk wajah karena antioksidan salah satu senyawa yang dipakai untuk komposisi bahan kecantikan. Antioksidan dipercaya sebagai penangkal radikal bebas yang masuk ke dalam kulit.

3. Mengobati Jerawat di Wajah

dr. Reni Utari dalam tinjauannya di sehatq mengatakan bahwa buah pisang ada vitamin A yang bisa mengurangi radang pada kulit yang berjerawat. Tak hanya itu, Kandungan senyawa alami, fenolik pada pisang juga mengandung antimikroba untuk mengobati jerawat.

4. Melindungi Wajah dari Paparan Sinar Ultraviolet

Buah pisang punya kandungan vitamin A, E dan C yang ketiganya adalah komponen vitamin untuk memperbaiki kulit. Mengutip dari sehatq, jika sering terpapar matahari, maka lapisan kulit akan rusak dan kusam. Oleh karena itu, buah pisang cocok untuk dijadikan masker wajah agar bantu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV).

5. Mengurangi Minyak di Wajah 

Banyak dari para perempuan mengalami minyak berlebih di wajah. Manfaat masker pisang untuk wajah ternyata dapat mengatasi keluhan tersebut, lho!

Jika melihat dari uraian sehatq, kandungan kalium, vitamin E, dan vitamin C mampu membuat produksi minyak di kulit jadi sedikit serta kulit akan terasa lebih lembap.

Nah, itulah kelima manfaat buah pisang yang bisa didapatkan untuk kecantikan kulit di wajah. Kamu bisa mencobanya dengan cara di jadikan masker serta dikonsumsi secara rutin. Selamat mencoba, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak