facebook

Ini Solusi untuk Membantu Mengingat Jadwal Imunisasi Anak

Sekar Okta Deliana
Ini Solusi untuk Membantu Mengingat Jadwal Imunisasi Anak
Imunisasi Anak. (pixabay.com)

Imunisasi anak yang harus dilakukan secara bertahap dan lengkap kerap membuat para orang tua kelupaan akan jadwal imunisasi anak mereka. Walaupun jadwal imunisasi tersebut sudah terangkum di dalam buku KMS atau KIA tetapi tidak selalu dapat terpantau oleh orang tua. Namun sekarang orang tua tidak perlu lagi khawatir karena ada satu aplikasi yang dapat membantu para orang tua untuk mengingat dan mencatat jadwal imunisasi anak.

Aplikasi tersebut bernama “PrimaKu” yang resmi diluncurkan oleh IDAI pada 23 Juli 2018 yang juga bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Aplikasi yang sudah di download oleh lebih dari 500.000 orang di playstore ini terbukti efektif untuk membantu mengingat jadwal imunisasi anak dan memantau tumbuh kembang mereka.

Cara penggunaan aplikasi PrimaKu

Penggunaan aplikasi PrimaKu ini sangat mudah dilakukan. Orang tua hanya perlu download aplikasi ini di playstore/appstore, lalu sign up/in, setelah itu orang tua akan diminta untuk mengisi data anak, seperti nama, berat badan, tinggi badan, tanggal lahir, jenis kelamin serta tinggi badan orang tua. Setelah itu, para orang tua sudah bisa langsung melihat dan mendapatkan informasi dari fitur-fitur aplikasi PrimaKu ini, mudah sekali bukan?

Pada aplikasi ini, nantinya orang tua dapat mencatat imunisasi anak apa saja yang sudah dilakukan, kapan imunisasi tersebut dilakukan, serta kapan harus melakukan imunisasi selanjutnya. Selain itu, para orang tua juga dapat mengatur alarm otomatis untuk memberitahukan tentang adanya jadwal imunisasi mendatang. Selain gratis, aplikasi ini juga praktis dan fleksibel jadi saat para orang tua lupa jadwal imunisasi tinggal buka aplikasi ini saja sudah lengkap semua informasi tertera di aplikasi PrimaKu. Cukup menarik untuk dicoba ya

Fitur lainnya

Selain fitur imunisasi, ada juga fitur lain yang dapat membantu memantau pertumbuhan anak sesuai data yang sudah orang tua masukkan saat proses sign up/in sebelumnya. Para orang tua jangan khawatir akan kesulitan memahami maksud fitur ini karena data yang ditampilkan akan terangkum menjadi satu grafik yang mudah sekali untuk dipahami. Jika terjadi suatu hal yang tidak normal maka aplikasi ini akan meminta kita sebagai orang tua untuk langsung berkonsultasi dengan dokter. 

Pada aplikasi ini juga ada banyak sekali artikel yang berisi informasi seputar tumbuh kembang anak serta para orang tua juga bisa berbagi pengalaman bersama orang tua lainnya mengenai tumbuh kembang anak lewat forum. Bahkan aplikasi ini juga menyediakan fitur konsultasi online dengan dokter anak melalui chat/telepon/video call.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak