facebook

Sangat Penting, Inilah 5 Manfaat Posyandu!

Fatson Tahya
Sangat Penting, Inilah 5 Manfaat Posyandu!
Kegiatan Posyandu (Twitter/@KKutoanyar)

Posyandu adalah singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Upaya kKesehatan Bersumberdaya Masyarakat atau yang bisa disingkat dengan UKBM yang dilaksanakan oleh dari dan bersama masyarakat.

Posyandu sangat penting manfaatnya, berikut 5 manfaat Posyandu:

1. Memonitor perkembangan bayi

Datang ke posyandu ibu dan anak akan dilayani oleh petugas kesehatan, hal yang pertama dilakukan biasanya adalah menimbang serta mengukur berat badan bayi sesuai grafik yang telah ditentukan.

Jika ditemukan permasalahan petugas akan memberi tahu tindakan lebih lanjut yang harus dilakukan. Perkembangan bayi harus dipantau atau dimonitor agar tumbuh kembangnya tetap normal.

2. Konsultasi dengan petugas kesehatan

Saat bayi mengalami sesuatu yang menghambat tumbuh kembangnya contohnya, maka ibu dapat bertanya langsung dan mendapatkan jawabannya dari petugas kesehatan yang telah disediakan di Posyandu.

Tidak hanya konsultasi terkait kesehatan bayi saja tetapi Posyandu juga melayani konsultasi kesehatan untuk masyarakat contohnya ibu hamil dan lansia yang akan berkonsultasi dengan petugas kesehatan.

Dalam waktu-waktu tertentu biasanya pada Posyandu juga diadakan berupa penyuluhan kesehatan atau sosialisasi kesehatan oleh petugas kesehatan, dengan demikian maka akan didapatkan jawaban serta solusi yang tepat, hal ini sangat penting khususnya bagi penanganan kesehatan.

3. Mendapatkan imunisasi

Pada waktu tertentu biasanya Posyandu akan menghadirkan atau mendatangkan dokter untuk menyelenggarakan imunisasi bagi bayi. Imunisasi yang biasanya diselenggarakan di Posyandu adalah berupa imunisasi polio, campak, hepatitis, serta program imunisasi lainnya yang dicanangkan oleh pemerintah.

4. Mengontrol gizi anak

Melalui Posyandu, ibu juga dapat mengetahui mengenai informasi tentang gizi seimbang. Petugas kesehatan akan memberikan penjelasannya secara jelas, sehingga ibu akan lebih mudah memahami, dan ibu akan mengerti apa yang harus dilakukan agar asupan gii yang baik bagi anak.

Biasanya dalam Posyandu ibu akan dijelaskan mengenai ASI eksklusif serta jenis variasi makanan yang akan diberikan kepada anak, tentunya informasi mengenai gizi tersebut agar tumbuh kembang anak tetap normal dan tidak membahayakan bagi kesehatan anak.

5. Pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat

Tidak hanya menangani untuk kesehatan anak saja, tetapi Posyandu memberikan fasilitas untuk menangani kesehatan masyarakat contohnya untuk ibu hamil dan lansia.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat, sehingga masyarakat yang sehat dan lingkungan yang sehat dapat terwujud.

Itulah 5 manfaat Posyandu, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak