facebook

Mengejutkan, Inilah 5 Manfaat Buah Mengkudu yang Wajib Kamu Ketahui

Farida Hasanatul
Mengejutkan, Inilah 5 Manfaat Buah Mengkudu yang Wajib Kamu Ketahui
Ilustrasi Buah Mengkudu. (pixabay)

Buah mengkudu memiliki nama lain noni, pace, atau starvation fruit yang telah lama dipercaya mempunyai banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan

Aroma menyengat dari buah mengkudu serta rasanya yang pahit kerapkali membuat orang menjadi ogah untuk mengunyahnya secara langsung. Oleh karena itu, selain menjadikan buah mengkudu dalam bentuk kapsul, ada cara yang mudah untuk mengonsumsi buah ang satu ini yaitu dengan membuat jus mengkudu. Dengan menjadikan buah mengkudu jus maka rasa pahitnya akan lebih gampang untuk hilang ketika diteguk secara langsung daripada harus dikunyah lebih dulu.

Merangkum dari Hellosehat, Klikdokter, Haldodoc, SehatQ, dan Alodokter. Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung dalam buah mengkudu:

1.  Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah mengkudu memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah mengkudu memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. 

Citamin C juga dipercaya sabagai salah satu asupan yang terbaik guna memelihara sistem kekebalan tubuh. Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin c, maka asupan ini harus didapatkan dari sumber lain.

2.  Menjaga kesehatan jantung

Buah mengkudu diharapkan dapat mebantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan adanya efek antioksidan yang terkandung dalam buah mengkudu. Kamu bisa meminum jus mengkudu untuk memelihara kesehatan jantung, selain itu kamu juga harus mempraktikkan gaya hidup yang sehat.

3.  Pereda nyeri

Terdapat sifat antinyeri dan juga antiinflamasi di dalam jus mengkudu, sehingga hal tersebut bisa membantu dalam meredakan rsa sakit pada area persendian. Hal tersebut juga didukung oleh penelitian pada tahun 2018 di sebuah jurnal Foods.

Para peneliti mengatakan bahwa manfaat dari jus mengkudu berpotensi untuk mengurangi rasa sakit pada persendian serta meningkatkan jangkauan gerak.

4.  Mengatasi darah tinggi

Berkat kandungan zat skopoletin yang terdapat dalam buah mengkudu sehingga dipercaya efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Zat skopoletin juga berperan penting dalam mengatur tekanan darah, sehingga buah mengkudu dapat menjadi salah satu solusi untuk kamu yang sedang menurunkan tekanan darah tinggi secara herbal atau alami tanpa obat-obatan.

Dengan meminum 4 ons jus mengkudu setiap hari secara rutin selama sebulan dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

5.  Mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh

Apabila tubuh kamu sering terpapar oleh radikal bebas yang bersumber dari polusi, asap rokok, racun dan juga paparan sinar matahari terlalu berlebihan, maka hal tersebut bisa saja merusak sel-sel dan juga jaringan yang ada dalam tubuh.

Buah mengkudu dipercaya bisa mengurangi kadar radikal bebas serta membantu dalam memperbaiki adanya kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh adanya paparan zat tersebut.

Nah, iutlah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah mengkudu, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi jus mengkudu guna mendapatkan manfaatnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak