facebook

5 Manfaat Tanaman Meniran bagi Kesehatan serta Cara Mengolahnya

Rozi Rista Aga Zidna
5 Manfaat Tanaman Meniran bagi Kesehatan serta Cara Mengolahnya
Ilustrasi daun meniran (Instagram/galeryherbalstore)

Bagi kita yang tinggal di daerah tropis, sangat mudah menemukan jenis tanaman semak bernama meniran atau bernama latin phyllantus niruri ini. Tanaman ini mudah tumbuh di tempat terbuka dan tanah gembur berpasir, baik di ladang maupun di tepi sungai.

Meniran mudah kita temukan di sela-sela rerumputan pekarangan atau lapangan. Khasiat yang terkandung pada tanaman ini sangatlah luar biasa. Nyaris seluruh bagiannya mempunyai manfaat untuk pengobatan pada berbagai macam penyakit.

Berikut lima manfaat daun meniran bagi kesehatan serta cara mengolahnya berdasarkan sumber tulisan S. Wibowo, Herbal Ajaib.

1. Mengatasi Luka Bakar

Meniran membantu mengatasi luka bakar. Caranya, ambil 3-7 batang tanaman meniran, lengkap dari daun sampai akar. Tambahkan satu rimpang temulawak dan tiga butir bunga cengkih kering. Lalu, tambahkan sepotong kayu manis.

Semua bahan tersebut lantas ditumbuk hingga halus, kemudian direbus memakai tiga gelas air. Biarkan sampai mendidih. Kemudian oleskan pada bagian yang kena luka.

2. Meredakan Batuk

Meniran membantu meredakan batuk. Caranya, ambil 3-7 batang meniran lengkap dari akar, batang, daun, dan bunganya. Tambahkan madu secukupnya, lalu ditumbuk hingga halus, kemudian direbus menggunakan seperempat gelas air bersih. Aduk bahan-bahan tersebut sampai merata. Lalu, minum dua kali sehari.

3. Membantu Memecah Batu Ginjal

Selain itu, meniran juga membantu memecah batu ginjal dalam saluran kemih. Caranya, ambil 30 gram meniran segar, dan cuci sampai bersih. Rebus menggunakan empat gelas air bersih. Tambahkan daun sendok dan daun tempuyung, dan biarkan mendidih hingga tersisa setengahnya.

Dinginkan beberapa saat, kemudian saring. Konsumsi secara teratur dua kali sehari, pagi dan sore, masing-masing satu gelas, hingga batu ginjal sembuh.

4. Mengatasi Penyakit Malaria

Meniran membantu mengatasi penyakit malaria. Caranya, ambil tujuh batang tanaman meniran lengkap, tambahkan lima biji bunga cengkih dan sepotong kayu manis. Tumbuk bahan-bahan tersebut hingga halus, kemudian direbus menggunakan dua gelas air bersih. Diminum dua kali sehari.

5. Menyembuhkan Peradangan Kelenjar Kemih 

Terakhir, meniran membantu menyembuhkan peradangan pada kelenjar kemih. Caranya, ambil 30 gram daun meniran, cuci bersih, tambahkan daun kumis kucing. Rebuslah campuran tersebut menggunakan tiga gelas air bersih, biar mendidih hingga tersisa setengahnya.

Dinginkan beberapa saat, kemudian saring. Minum secara teratur tiga kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Inilah lima manfaat dari tanaman meniran untuk kesehatan beserta resep pengobatannya. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak