facebook

Berapa Lama Daya Simpan Bahan Makananmu? Berikut daftarnya

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
Berapa Lama Daya Simpan Bahan Makananmu? Berikut daftarnya
ilustrasi makanan dikulkas. (Pixabay)

Berbagai jenis bahan makanan memiliki daya simpan yang beraneka ragam. Ada yang hanya dapat disimpan selama sehari, seminggu, hingga sebulan.

Daya simpan bahan makanan tersebut juga bisa menjadi lebih lama apabila kita menggunkan kulkas atau lemari pendingin sebagai alat penyimpanannya.

Selain membantu menambah waktu penyimpanan, kulkas juga  berperan dalam menjaga kesegaran bahan makanan tersebut.

Mengutip dari laman OnHealth.com, inilah daftar daya simpan berbagai jenis bahan makanan.

1. Apel 

Pada suhu ruang apel dapat bertahan selama seminggu. Akan tetapi jika disimpan dikulkas, apel dapat bertahan selama 4-6 minggu lamanya.

Hal lain yang harus diingat, yaitu apel akan mengeluarkan gas etilen yang dapat membuat buah-buahan lain menjadi cepat matang. Oleh karena itu sebaiknya pisahkan apel dari buah-buahan lain saat ingin menyimpannya.

2. Beri

Berbagai jenis buah beri, seperti bluberi, stroberi, dan rasberi memiliki daya simpan selama sehari saja pada suhu ruang.

Namun, jika disimpan dikulkas stroberi dan rasberi dapat bertahan selama 2-3 hari, sedangkan bluberi dapat bertahan selama 1-2 minggu.

Ketika ingin menyimpan berbagai buah beri ini ada baiknya tidak perlu dicuci sampai waktu ingin mengonsumsinya, serta jaga buah beri agar tetap dalam kondisi kering. Buah beri juga dapat di bekukan agar dapat bertahan hingga satu tahun lamanya.

3. Tomat

Tomat yang telah matang dapat bertahan selama seminggu di suhu ruang yang tidak terkena panas atau sinar matahari secara langsung.

Tomat dalam bentuk utuh jangan disimpan didalam kulkas karena akan merubah tekstur serta rasanya. Namun, jika anda ingin tetap menyimpannya didalam kulkas, pastikan anda memotong terlebih dahulu tomat tersebut.

4. Brokoli dan Kembang Kol

Kedua jenis sayuran ini dapat bertahan selama 3-5 hari jika disimpan didalam kulkas, serta pastikan anda tidak mencampurnya dengan jenis sayuran lain.

5. Sayuran Hijau

Selada yang disimpan dikulkas dapat bertahan selama 1-2 minggu, sedangkan bayam dapat bertahan sekitar 5 hari, serta jenis sayuran lainnya hanya dapat bertahan selama 4 hari dikulkas. Sebelum menyimpan sayuran hijau dikulkas ada baiknya anda membungkus nya terlebih dahulu.

6. Sayuran Akar

Berbagai jenis sayuran akar meliputi wortel, lobak, dan bit sebaiknya disimpan didalam kulkas. Wortel yang disimpan dikulkas akan bertahan selama 3 minggu, sedangkan lobak dan bit akan bertahan selama 2 minggu lamanya.

7. Aneka Bawang

Bawang putih dan bawang bombay dapat disimpan di suhu ruang yang gelap atau dikulkas dengan estimasi lama penyimpanan sekitar 2 minggu. Sedangkan bawang merah yang disimpan di kulkas dapat bertahan selama 2 bulan lamanya.

Itulah daftar daya simpan berbagai jenis bahan makanan, semoga bermanfaat bagi pembaca. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak