facebook

6 Manfaat Daun Pepaya yang Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Zakiy Marenda
6 Manfaat Daun Pepaya yang Dapat Menurunkan Risiko Kanker
Ilustrasi daun pepaya (Pixabay.com)

Membahas tentang pepaya, ternyata tidak hanya buahnya saja yang mempunyai segudang manfaat dan pastinya baik untuk kesehatan tubuh, daun pepaya juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Daun pepaya terkenal akan rasanya yang pahit, jadi sangat sedikit orang yang mengonsumsinya. Tetapi, dibalik rasanya yang pahit terdapat nutrisi yang banyak di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu untuk mengatasi bermacam-macam gangguan kesehatan serta bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Merangkum dari Hellosehat, Klikdokter, SehatQ, Yesdok dan Honestdocs.id, berikut ini beberapa manfaat dari daun pepaya:

1. Menyediakan energi untuk tubuh

Walaupun terasa agak pahit, namun ada keuntungan yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi daun pepaya. Daun pepaya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu dalam menyediakan tambahan enegeri pada tubuh. Hal tersebut bisa membantu kamu supaya lebih semangat lagi dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

2. Menurunkan risiko kanker

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi daun pepaya yaitu membuat tubuh menjadi lebih sehat serta memabntu dalam mencegah risiko terkena kanker. Hal tersebut dikarenakan oleh adanya sifat anti-kanker yang terkandung di dalam daun pepaya, sifat tersebut membantu meningkatkan kekebalan tubuh memerangi kanker. Mengonsumsi daun pepaya juga dipercaya dapat membantu membuang racun yang ada dalam tubuh penyebab kanker.

3. Mengurangi nyeri haid

Dengan mengonsumsi daun pepaya yang diolah menjadi jus, bisa membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh haid atau mentruasi. Kurang lebih setelah 2 jam mengonsusmsi jus daun pepaya, nyeri yang disebabkan oleh haid akan bernangsur menghilang.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Di dalam daun pepaya terdapat kandungan enzim papain yang dapat membantu melancarkan pencernaan. selain itu, daun pepaya juga bermanfaat dalam mengatasi perut kembung dan juga sembelit.

5. Mengurangi perubahan suasana hati

Dengan mengonsumsi daun pepaya rebus dipercaya bisa membantu dalam mengatasi ketegangan emosisonal, seperti depresi, stres dan juga perubahan suasana hati.

6. Menyehatkan kulit

Daun pepaya mengandung vitamin E, A dan C yang cukup tinggi dibandingkan dengan buahnya. Hal tersebut menyebabkan daun pepaya memiliki manfaat dalam mengatasi beragam gangguan pada kulit, seperti kerutan, jerawat, dan juga pigmentasi yang berlebihan.

Nah, itulah tadi enam manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi daun pepaya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak