facebook

6 Kesalahan saat Waktu Sarapan yang Wajib Kamu Hindari

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
6 Kesalahan saat Waktu Sarapan yang Wajib Kamu Hindari
ilustrasi menu sarapan. (Pixabay)

Sarapan merupakan salah satu dari 3 waktu makan yang wajib kamu lakukan setiap hari. Sarapan akan memberikan asupan energi bagi otak agar dapat lebih fokus dan konsentrasi untuk memulai aktivitas harian.

Pemilihan jenis makanan yang bergizi seimbang pada saat sarapan juga penting, mengingat sarapan bukan hanya sekedar kegiatan untuk mengisi perut saja. Namun faktanya, banyak dari kita yang melakukan berbagai kesalahan saat waktu sarapan. Apa saja kesalahan tersebut?

Mengutip dari laman OnHealth.com inilah 6 kesalahan saat waktu sarapan yang wajib kamu hindari.

1. Terlalu Banyak Asupan Sereal

Asupan sereal yang terlalu banyak akan menyebabkan terjadinya lonjakan gula darah, terlebih jika jenis sereal yang kamu konsumsi mengandung kadar gula yang tinggi.

Oleh karena itu pastikan takaran yang pas saat akan mengonsumsi sereal, serta pilih jenis sereal yang mengandung serat, vitamin, mineral, serta protein, agar mencukupi kebutuhanmu. Selain itu, pilihlah sereal yang mengandung kadar gula rendah.

2. Menghindari Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi makro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Sehingga kamu tidak perlu menghidari kerbohidrat saat sarapan ataupun saat jam makan lainnya.

Agar dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, maka kamu dapat memilih jenis karbohidrat kompleks seperti oatmeal, sereal gandum, nasi merah, sayuran, serta buah. 

3. Makan Terlalu Cepat

Saat pagi hari, usus masih dalam tahap transisi untuk mencerna makanan. Sehingga jika kamu makan secara cepat atau terburu-buru, maka akan berisiko memperberat kerja usus dalam mencerna makanan. Selain itu makan terlalu cepat juga dapat menyebabkan kembung dan meningkatkan resiko obesitas.

4. Makan Terlalu Sedikit

Ketika kamu sarapan, pastikan jumlah asupanmu mencukupi kebutuhan. Sarapan yang hanya sekedarnya atau istilahnya hanya untuk mengganjal perut saja hanya akan membuatmu cepat lapar kembali dan memicu double porsi saat makan siang nanti.

5. Mengonsumsi Jus yang Salah

Jika kamu meminum jus saat sarapan pastikan bahwa jus tersebut memiliki kandungan gula serta pemanis buatan yang rendah. Karena jus kemasan biasanya lebih banyak kandungan gula daripada buahnya. Atau kamu juga bisa membuat jus sendiri tanpa tambahan gula, dengan begitu asupan gula harianmu dapat terkontrol.

6. Kurang Minum Air mineral

Saat sarapan kamu juga diwajibkan untuk meminum air mineral agar tubuhmu tetap terhidrasi, dan membantu meringankan  kerja ginjal dalam memfilter racun. Selain itu hindari minuman manis seperti soft drink dan sirup, karena akan menyebabkan lonjakan gula darah dan membuat tubuh menjadi lemas.

Itulah 6 kesalahan saat waktu sarapan yang wajib dihindari, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak