facebook

5 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Eunoia Yahya
5 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
Ilustrasi pohon kecipir (Instagram/@kebuncandi)

Psophocarpus tetragonolobus atau yang lebih dikenal dengan nama kecipir, merupakan salah satu jenis sayuran hijau dengan kandungan gizi yang lengkap dan beragam. Sebab dari mulai bagian daun, batang, bunga, dan tentu saja buahnya dapat dikonsumsi dan dimanfaatkan.

Tanaman yang banyak didapati di Asia Tenggara ini terkenal sudah banyak dimanfaatkan sebagai olahan penganan semisal untuk lalap, pecal, ataupun urap. Bahkan daun kecipir sendiri juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati mata bengkak, sakit telinga dan obat bisul.

Dalam 100 gram kecipir terdapat juga kandungan nutrisi seperti, Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, Beta-karoten, dan beberapa vitamin serta mineral. Dirangkum dari sehatq dan hellosehat, berikut lima manfaat kecipir bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga pencernaan

Kandungan berbagai macam gula dalam kecipir seperti fruktosa, sukrosa, dan galaktosa ternyata beberapa merupakan karbohidrat kompleks yang berserat tinggi, yang dapat membantu menguraikan makanan di dalam saluran pencernaan. Bahkan diantaranya juga merupakan prebiotik atau serat yang tidak dapat dicerna, yang memiliki manfaat sebagai makanan bagi bakteri baik di usus.

Bahkan apabila kecipir dikonsumsi bersama dengan jagung, maka kandungan protein yang dimilikinya akan setara dengan segelas susu. Sebab rendahnya kandungan kalori didalamnya, yang juga menjadikannya sebagai alternatif sayuran untuk diet.

2. Mencegah penuaan dini

Manfaat kecipir selanjutnya juga baik untuk kecantikan, di mana kandungan vitamin A juga vitamin C didalamnya yang merupakan sumber antioksidan. Serta mineral tembaga dan enzim superoxide dismutase (SOD) pada kecipir yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari pengaruh radikal bebas. Salah satu penyebab dampak penuaan yang terlihat lebih cepat disetiap bertambahnya usia.

3. Manfaat kecipir untuk asam urat

Kecipir yang kaya akan serat dan antioksidan, membuatnya aman untuk penderita asam urat. Juga kandungan purin didalamnya yang rendah, sehingga tidak akan menyebabkan kondisi asam urat semakin parah apabila memakan kecipir.

4. Menurunkan resiko penyakit jantung

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kecipir bisa bermanfaat untuk melindungi jantung, juga menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang dapat menyebabkan pembentukan plak pada pembuluh darah. juga menjaga kelenturan dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga risiko terkenanya penyakit jantung juga dapat berkurang.

5. Potensi mencegah diabetes

Terakhir manfaat kecipir dapat diperoleh dari kandungan vitamin D dan kalsium didalamnya, yang dapat mengoptimalkan metabolisme glukosa untuk mencegah diabetes. Di mana hormon insulin yang meningkat produksinya pada pankreas, kemudian mengubah kelebihan gula darah menjadi cadangan energi di dalam otot dan hati. Sehingga gula darah pun lebih terkendali.

Itulah lima manfaat kecipir untuk kesehatan yang jarang diketahui. Namun, perlu diingat bahaya kecipir apabila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan kandungan mineral kalium tercerna ke dalam tubuh dan dapat mengkristal menjadi batu oksalat yang berbahaya. Juga cuci bersih dengan air mengalir dan masak dengan kematangan yang tepat agar terhindar dari segala kotoran yang memungkinkan terkontaminasi dengan mikroorganisme pada kecipir.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak