facebook

Baik bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit, Ini 5 Manfaat Buah Kedondong

Eunoia Yahya
Baik bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit, Ini 5 Manfaat Buah Kedondong
Ilustrasi buah kedondong (pixabay/Neville Kingston)

Buah kedondong atau yang memiliki nama binomial Spondias dulcis, merupakan tanaman buah yang masuk kedalam golongan suku mangga-manggaan. Termasuk buah tropis, yang memiliki rasa asam khas dengan biji tunggal berserabut. Kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, maupun juga diolah terlebih dahulu menjadi rujak, asinan, acar, maupun selai.

Bahkan dalam setiap 100 gram buah kedondong terkandung kalori juga beberapa nutrisi seperti, protein, serat, karbohidrat, zat besi, kalsium, fosfor, juga beragam vitamin dan antioksidan.

Dilansir dari klikdokter dan alodokter, berikut 5 manfaat kedondong yang baik untuk kesehatan.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat pangan dalam kedondong dapat membantu melancarkan pencernaan, juga memadatkan tinja sehingga mampu mencegah dan mengatasi sembelit. Serta antioksidan dan beragam vitamin juga mineral di dalamnya dapat mencegah berbagai gangguan pencernaan lainnya, seperti wasir dan divertikulitis.

Mengonsumsi kedondong dibarengi dengan buah lainnya seperti halnya pada rujak, akan semakin baik untuk memperlancar pencernaan.

2. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A yang sangat banyak dalam kedondong sangat baik untuk memelihara kesehatan mata, dan menurunkan risiko terkena gangguan penglihatan seperti rabun senja.

Juga kandungan antioksidan dalam kedondong dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit mata akibat bertambahnya usia, semisal katarak dan degenerasi makula.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat kedondong selanjutnya juga dapat diperoleh dari kandungan vitamin C dan A, serta antioksidan di dalamnya. Dimana ketiga zat tersebut diketahui berperan penting dalam memelihara kesehatan, dan fungsi sel darah putih sebagai penunjang daya tahan tubuh atau memperkuat imunitas.

4. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat kedondong untuk wajah juga dapat diperoleh dari kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya, yang dapat meningkatkan produksi kolagen sebagai protein yang berfungsi untuk menjaga kekuatan dan kelenturan alami kulit. Sehingga dapat mengurangi dampak munculnya penuaan dini pada wajah.

5. Mengontrol berat badan

Kedondong merupakan buah dengan tingkat kandungan lemak yang cukup rendah, namun kaya akan serat. Mengonsumsi Kedondong selain untuk melancarkan pencernaan, serat di dalamnya juga dapat membuat perut merasakan kenyang lebih lama. Sehingga lebih mempermudah untuk mengatur porsi dan pola makan, sebagai upaya mengontrol berat badan atau diet.

Namun perlu diingat cukup konsumsi kedondong dengan sewajarnya dan jangan berlebihan, juga imbangi dengan makan sehat lainnya untuk menyeimbangkan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak