facebook

3 Cara Menghilangkan Bibir Hitam yang Dapat Kamu Coba

Vivia Lintang
3 Cara Menghilangkan Bibir Hitam yang Dapat Kamu Coba
Ilustrasi bibir (Pexels.com/Rodolfo Clix)

Apakah kamu salah satu orang yang sering mengeluh masalah bibir yang menggelap? 

Bibir yang sehat dan tampak cerah memang jadi dambaan banyak orang. Bagi sebagian orang pula penampilan menjadi kunci utama sebagai tumpu rasa percaya diri. Bibir hitam sendiri menjadi salah satu hal yang paling banyak dikeluhkan dan jadi sebab turunnya rasa percaya diri.

Sebenarnya, faktor bibir menjadi hitam banyak sekali. Mengutip dari laman alodokter, ada beberapa hal yang menyebabkan bibir menjadi gelap, diantaranya yaitu faktor genetik atau keturunan, perubahan hormon, kehamilan, iritasi atau alergi terhadap kosmetik di bibir, paparan sinar matahari terlalu lama, dan kebiasaan merokok. Jika bibir kamu menghitam bukan karena faktor keturunan, beberapa cara di bawah ini dapat kamu coba untuk menghilangkan bibir yang hitam.

1. Rajin Scrub Bibir

Scrub jadi salah satu cara yang dapat kamu coba untuk membantu menghilangkan bibir hitam. Eksfoliasi merupakan kegiatan untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk. Kamu dapat melakukan eksfoliasi paling tidak 2-3 seminggu dengan scrub berbahan lembut. 

Jika kamu rajin melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang menumpuk di bibir dapat menghilang sehingga bibir akan kembali cerah. Manfaat lainnya dengan rajin melakukan eksfoliasi bibir yaitu membuat bibirmu akan jadi lebih lembut dan lembab.

2. Gunakan Madu

Perlu kamu tahu, madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya berkhasiat bagi tubuh, madu juga dapat digunakan untuk merawat bibir. Madu dapat kamu gunakan sebagai bahan alami untuk scrub. Dengan mencampurkan madu dan gula menganut takaran 1:1 kamu dapat mengaplikasikan scrub alami ini seperti produk scrub pada umumnya.

3. Pakai Pelembab Bibir dengan Kandungan Spf

Bukan hanya kulit wajah, bibir juga wajib untuk dilindungi dari paparan sinar matahari. Seperti yang kita telah ketahui paparan sinar matahari jadi salah satu penyebab bibir menggelap. Penggunaan pelembab bibir dengan kandungan spf berguna untuk melindungi bibir dari sinar UV yang akan membuat bibir menggelap. Kamu bisa menggunakan lipbalm dengan kandungan spf sebelum beraktivitas.

Itu dia 3 cara menghilangkan bibir hitam yang dapat kamu coba. Ingat, kamu tidak hanya mencoba untuk menghilangkan saja, kamu juga harus mengubah pola hidup seperti mengurangi minuman berkafein dan hindari merokok untuk menghindari bibir yang menggelap. Upaya yang diiringi dengan kebiasaan baik akan menghasilkan hasil maksimal, sehingga tujuan kamu berhasil tercapai dengan mudah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak