facebook

7 Manfaat Buah dan Daun Alpukat untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mencegah Anemia

Rozi Rista Aga Zidna
7 Manfaat Buah dan Daun Alpukat untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mencegah Anemia
Ilustrasi alpukat (Pixabay.com/Alanyadk)

Alpukat merupakan buah yang unik sekaligus mempunyai kandungan zat yang baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisinya sangat tinggi, dan memiliki kandungan 11 vitamin serta 14 mineral yang sangat bermanfaat.

Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Lemak yang dikandung alpukat sama persis dengan lemak yang terdapat pada buah zaitun, yaitu jenis lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut tujuh manfaat buah dan daun alpukat untuk kesehatan, sebagaimana dikutip dari buku Herbal Ajaib, tulisan S. Wibowo.

1. Obat antidepresi

Alpukat dapat dimanfaatkan sebagai obat antidepresi. Kandungan potassium dan kalium yang terdapat pada buah alpukat dapat mencegah pengendapan cairan tubuh, menurunkan tekanan darah, serta memberikan rasa nyaman pada penderita depresi.

2. Mencegah stroke

Alpukat juga dapat mencegah penyakit stroke karena alpukat mengandung lemak nabati yang tinggi dan tak jenuh. Selain bisa menurunkan kadar kolesterol darah, alpukat juga dapat mengurangi risiko penyakit stroke, darah tinggi, kanker, atau penyakit jantung.

3. Obat antibakteri

Mengonsumsi buah alpukat juga bisa bermanfaat sebagai obat antibakteri dalam saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan lemak tak jenuhnya mudah dicerna tubuh, sehingga memberikan hasil maksimal metabolisme, dan mengandung zat antibakteri dan antijamur.

4. Mencegah anemia

Alpukat dapat pula digunakan sebagai obat pencegah anemia, karena kandungan zat besi dan tembaganya yang tinggi. Zat-zat tersebut berperan aktif dalam pembentukan sel darah tersebut.

5. Meredakan darah tinggi

Buah alpukat juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menormalkan fungsi saraf, sebab kandungan mineral mangan dan seng di dalamnya.

6. Pengendali radikal bebas dalam tubuh

Radikal bebas dalam tubuh yang disebabkan pengaruh polusi dapat dikendalikan dengan mengonsumsi buah alpukat. Karena alpukat mengandung zat antioksidan yang sangat kuat menangkap radikal bebas.

7. Mengobati asam urat

Sedangkan daun alpukat bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat. Daun alpukat dikonsumsi sebagai minuman dengan proses yang sangat sederhana. Caranya, ambil 5-7 daun alpukat, pilih yang masih muda agar lebuh mudah larut.

Masukkan ke dalam gelas, tuangkan air mendidih ke dalamnya. Lalu, tunggu sebentar, daun alpukat yang diseduh akan mengeluarkan warna merah pekat seperti daun teh. Kemudian, minumlah secukupnya!

Inilah tujuh manfaat dari buah dan daun alpukat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak