facebook

6 Jenis Minyak yang Dapat Digunakan untuk Mengolah Makanan

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
6 Jenis Minyak yang Dapat Digunakan untuk Mengolah Makanan
Ilustrasi minyak zaitun (pixabay.com)

Biasanya kita hanya mengenal minyak sawit saja untuk memasak. Namun ternyata masih banyak jenis minyak lain yang juga berasal dari bahan nabati dan dapat digunakan untuk mengolah makanan. Setiap jenis minyak ini memilki berbagai macam karakteristik yang berbeda, oleh karena itu kita dapat menyesuaikan cara penggunaannya. Nah apa saja jenis minyak tersebut? Mengutip dari laman OnHealth.com, inilah 6 jenis minyak yang dapat digunakan untuk mengolah makanan selain minyak sawit.

1. Minyak Zaitun

Jenis minyak yang satu ini dapat digunakan pada hampir semua jenis masakan. Selain multiguna, minyak ini memilki aroma harum yang khas sehingga akan ikut mempengaruhi aroma makanan. Minyak zaitun yang paling murni, yaitu extra virgin olive oil memilki kualitas yang paling tinggi. Terlebih minyak ini mengandung antioksidan yang dapat mencegah serta mengatasi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu anda juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai tambahan dalam salad sayur atau sebagai pengawet alami berbagai herba segar.

2. Minyak MCT

Pernah dengan jenis minyak yang satu ini? Alih - alih untuk memasak, sebenarnya minyak MCT biasanya dijadikan sebagai suplemen makanan yang memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Untuk penggunaannya, minyak MCT dapat dijadikan sebagai tambahan dalam smoothie serta tambahan saus salad.

3. Minyak Alpukat

Minyak yang terbuat dari buah alpukat ini juga dapat digunakan untuk memasak makanan, seperti grilling atau baking, serta direkomendasikan pula sebagai minyak untuk menumis karena memiliki titik asap yang tinggi. Selain itu dapat juga dijadikan tambahan dalam saus salad, smoothie, atau dips. Minyak alpukat juga dinilai memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

4. Minyak Biji Rami

Jenis minyak ini memilki titik asap yang rendah. Oleh karena itu lebih disarankan penggunaanya untuk tambahan saus salad atau smoothie. Minyak biji rami atau flaxseed oil juga memiliki manfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung.

5. Minyak Kanola

Minyak kanola memiliki titik asap yang juga tinggi, sehingga dapat digunakan untuk memasak. Minyak kanola memiliki kandungan antioksidan fitosterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Minyak Almond

Karena memiliki titik didih yang tinggi, menjadikan minyak almond juga dapat digunakan untuk memasak. Minyak almond mengandung vitamin E yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Itulah 6 jenis minyak yang dapat digunakan untuk mengolah makanan selain minyak sawit. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak