facebook

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Kerap Diabaikan, Kamu Wajib Tahu!

Qomariah Dianti
8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Kerap Diabaikan, Kamu Wajib Tahu!
Ilustrasi ginjal (Unsplash/Robina Weermeijer)

Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peranan penting di dalam tubuh. Ginjal sendiri berfungsi untuk membuang kelebihan cairan, membuang sisa metabolisme, dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan tubuh.

Namun, semua fungsi tersebut tak akan lagi berjalan dengan normal jika ginjal mengalami kerusakan. Untuk itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal.

Lantas, bagaimana caranya? Berikut ini dia beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang dapat kamu coba terapkan seperti yang dirangkum dari channel YouTube dr. Saddam Ismail.

1. Cukupi kebutuhan cairan

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu cara alami dan mudah untuk menjaga kesehatan ginjal. Sayangnya, masih banyak yang tidak tahu dan menyepelekan hal ini.

Dengan mengonsumsi air yang cukup, yakni sebanyak 2 liter per hari, akan mempermudah kerja ginjal dalam menyaring darah dan membuang zat beracun. Tak hanya itu saja, cara ini juga akan membantu menyeimbangkan mineral dan air di dalam tubuh sehingga tubuh bisa bekerja dengan normal.

2. Tidak minum obat sembarangan

Saat sakit, tak sedikit orang yang kerap membeli dan mengonsumsi obat tanpa resep dokter. Padahal hal ini tak boleh sering dilakukan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

Terutama harus hati-hati saat mengonsumsi obat anti nyeri dan anti radang, sebab jika sembarangan dapat menyebabkan luka pada lambung dan kerusakan ginjal.

3. Hindari minum alkohol

Minum minuman beralkohol perlu untuk dibatasi jika tak ingin tubuh dan ginjal mengalami kerusakan. Alkohol sendiri memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine.

Peningkatan produksi urine ini bisa menyebabkan terganggunya keseimbangan antara cairan dan mineral di dalam tubuh yang apabila dibiarkan lama-lama dapat merusak ginjal.

4. Jaga pola makan

Diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan penyebab kerusakan ginjal yang paling umum. Hal ini dapat dihindari dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan sehat.

Selain itu, perlu juga untuk menghindari konsumsi makanan berlemak dan khususnya yang tinggi purin. Sebab, makanan yang tinggi purin dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh dan nantinya dapat memperberat kerja ginjal yang bisa menimbulkan kerusakan.

5. Batasi asupan garam

Makanan tinggi garam bisa menyebabkan terjadinya hipertensi. Tingginya tekanan darah tersebut dapat mengganggu dan memperberat kerja ginjal yang jika dibiarkan lama-lama dapat merusak ginjal.

6. Diet rendah protein

Protein memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak secara berlebihan. Jika banyak mengonsumsi protein, maka ginjal akan semakin banyak menyaring asam amino yang berarti bahwa ginjal akan bekerja semakin berat yang lama-lama dapat menurunkan fungsinya.

Kebutuhan protein tetap harus terpenuhi, tetapi harus dalam batas normal. Umumnya, seseorang membutuhkan protein sebesar 60-65 gram per harinya

7. Rutin olahraga

Tak hanya ginjal, olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membuat seluruh tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, juga dapat menormalkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah, di mana hal ini sama dengan menjaga kesehatan ginjal.

Untuk olahraganya sendiri tak perlu yang berat-berat. Olahraga yang bisa dilakukan, yakni seperti lari, joging, jalan santai, bersepeda, atau senam dengan durasi waktu sekitar 150 menit per minggu.

8. Berhenti merokok

Rokok mengandung banyak sekali zat beracun dan zat kimia merugikan yang apabila masuk ke tubuh dapat mengganggu kesehatan ginjal dan mempengaruhi pembuluh darah di tubuh, termasuk pembuluh darah di ginjal itu sendiri yang nantinya bisa menyebabkan ginjal menjadi rusak.

Nah, itulah dia kedelapan cara menjaga kesehatan ginjal yang wajib untuk kamu ketahui. Jadi, jangan lupa untuk diterapkan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak