facebook

Bukan Cuman Tanaman Hias, Kenali 4 Manfaat Andong Merah bagi Kesehatan

Aulia Fradinta
Bukan Cuman Tanaman Hias, Kenali 4 Manfaat Andong Merah bagi Kesehatan
ilustrasi andong merah (unplash.com/davidclode)

Salah satu anaman hias yang biasanya ditemukan tumbuh di pekarangan rumah, tepian pagar,  dan pemakaman adalah Andong Merah. Tanaman ini memiliki banyak kandungan yang bisa bermanfaat untuk kesehatan.  

Andong merah (Cordyline fruticosa (L.) A. Cheval) mempunyai daun yang berwarna merah mengkilap serta beberapa bagian daun yang juga berwarna merah, ungu dan oranye, ujung pangkal daun berbentuk baji serta berujung runcing. 

Apa saja kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan pada andong merah? Dikutip dari buku Kitab Tumbuhan yang ditulis oleh Syamsul Hidayat dan Rodame Monitorir Napitupulu, beberapa kandungan dalam andong merah seperti steroida, saponin, flavonoid dan polisakarida yang memiliki manfaat untuk tubuh kita.

Berdasarkan Kajian Pustaka Aktivitas Farmakologi Ekstrak Daun Andong Merah, berikut beberapa manfaat dari andong merah bagi kesehatan.

1. Mencegah diare

Kandungan senyawa kimia tanin, fenolik, flavonoid, steroid, alkaloid, dan saponin berfungsi sebagai antibakteri untuk mencegah perkembangan bakteri Escherichia coli, Shigella dysentriae, dan Salmonella typhimurium sebagai penyebab dari penyakit diare.

2. Mengatasi nyeri dan demam

Kandungan senyawa kimia flavonoid pada daun andong merah berfungsi sebagai zat yang dapat mengurangi radang atau sebagai antiinflamasi sehingga mampu meredakan rasa nyeri dan demam.

3. Mencegah kulit dari radikal bebas

Kandungan flavonoid pada andong merah juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang akan menjadi cikal bakal terbentuknya kanker sebagaimana menyerang sel-sel sehat atau penyebab dari kanker. 

4. Mencegah obesitas dan kolestrol

kandungan saponin, alkaloid, flavonoid dan tanin pada andong merah juga dapat berfungsi sebagai antiobesitas dan menghambat penyerapan pembentukan kolestrol

Itulah empat manfaat andong merah yang sering ditemui sebagai tanaman hias. Meski dikenal sebagai tanaman hias, ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh untuk melihara kesehatan kita.

Referensi: 

Sahara, S. A., Hazar, S., & Fitrianingsih, S. P. (2021). Kajian Pustaka Aktivitas Farmakologi Ekstrak Daun Andong Merah (Cordyline fruticosa [L.] A. Cheval). Prosiding Farmasi, 475-479.

Hidayat, I. R. S., Napitupulu, R. M., & SP, M. (2015). Kitab tumbuhan obat. Agriflo.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak