facebook

Lakukan-Langkah Berikut ini saat Tak Sengaja Kena Air Panas

Zakiy Marenda
Lakukan-Langkah Berikut ini saat Tak Sengaja Kena Air Panas
ilustrasi seseorang sedang menuang air panas (pexels.com)

Umunya kulit akan menjadi melepuh ketika tersiram atau terkena air panas. Apabila tidak cepat ditangai, maka luka tersebut akan terasa perih dan juga sakit. Namun, usahakanlah untuk tetap tenang dan jangan panik saat kamu tersiram air panas. Sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu apakah kulit yang mengalami luka bakar termasuk ringan atau parah.

Biasanya lepuhan atau luka bakar yang disebabkan oleh air panas termasuk ke golongan derajat satu atau tergolong ringan. Oleh sebab itu, kamu dapat menanganinya di rumah tanpa perlu ke rumah sakit.

Merangkum dari Doktersehat, Hellosehat, dan Halodoc, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat terkena air panas:

1. Gunakan losion

Salah satu pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat tersiram air panas yaitu menggunakan losion. Setelah luka bakar mulai dingin maka kamu bisa mengoleskan losion pada luka bakar tersebut.

Ada beberapa losion yang bisa kamu pakai untuk mengatasi luka bakar akibat tersiram air panas ini seperti losion yang mengandung coca butter dan lidah buaya di dalamnya. Losion yang mengandung lidah buaya dan cocoa butter di dalamnya  bisa mencegah luka mengering serta bisa menenangkan kulit.

2. Menutupi area yang tersiram air panas

Ketika kulit yang melepuh telah dingin dan dioleskan losion, maka langkah selanjutnya kamu bisa membalut area yang melepuh menggunakan perban atau kain bersih. Hal ini supaya bagian kulit yang terkena luka bakar terhindar dari bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi pada luka. 

3. Minum obat

Kamu juga bisa meminum obat pereda nyeri seperti parasetamol, karena luka bakar yang diakibatkan oleh air panas bisa membuat nyeri dan perih. Namun, jangan lupa untuk meminta saran dari dokter sebelum kamu mengonsumsi obat-obatan tersebut. Kemudian ikutilah saran dari dokter cara penggunaan obatnya sampai luka bakar terasa lebih baik.

4. Pastikan badan tetap hangat

Penanganan selanjutnya saat kamu terkena atau tersiram air panas yaitu memastikan supaya suhu tubuh tetap hangat. Kamu dapat mengenakan selimut ataupun pakaian yang berlapis. Tetapi, perlu diingat supaya tidak meletakkannya pada bagian yang terkena luka.

Nah, itulah tadi beberapa langkah yang bisa kamu lakukan ketika terkena atau tersiram air panas hingga menyebabkan luka bakar, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak