facebook

5 Manfaat Penting Buah Anggur Merah bagi Kesehatan Ibu Hamil

Mericy setianingrum
5 Manfaat Penting Buah Anggur Merah bagi Kesehatan Ibu Hamil
Manfaat Buah Anggur Merah (pixabay.com/pexels)

Benarkah buah anggur berbahaya untuk ibu hamil? Ini adalah sebuah mitos yang menyebabkan keguguran dan belum terbukti kebenarannya hingga saat ini. Namun ternyata ditinjau dari kandungan gizinya buah anggur ternyata mempunyai banyak manfaat apabila dikonsumsi bagi ibu hamil.

Terutama buah anggur merah yang mempunyai rasa agak masam dan cocok untuk lidah ibu hamil yang biasanya menyukai makanan asam. Apabila dikonsumsi dalam batas yang wajar, buah anggur merah ternyata mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil. 

Merangkum dari laman prenagen, berikut ini adalah 5 manfaat buah anggur merah bagi ibu hamil. 

1. Perkembangan Otak Janin

Buah anggur merah mengandung zat asam folat yang baik untuk perkembangan otak janin dalam kandungan ibu hamil diantaranya mengurangi risiko cacat otak saat lahir, membentuk pembentukan tabung dan syaraf otak pada janin. 

2. Membentuk Tulang dan Gigi

Selain untuk otak janin, asam folat pada anggur juga baik untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin. Kegunaan anggur bagi ibu hamil ini juga akan mengoptimalkan perkembangan janin dan memperkuat tulang ibu selama mengandung.

3. Pembentukan Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang adalah salah satu organ yang penting untuk janin. Apabila janin tidak mempunyai sumsum tulang belakang maka tidak dapat berkembang dengan baik. Oleh karena itu, ibu hamil wajib memenuhi nutrisi perkembangan tulang sumsum belakang pada janin yang mereka kandung. Sehingga dengan mengonsumsi buah anggur merah yang mengandung asam folat ini dapat membantu janin dalam pembentukan sumsum tulang belakang.

4. Dapat Mencegah Anemia

Sebagian besar ibu hamil mengalami anemia saat memasuki trimester kedua. Padahal di masa ini, janin berkembang pesat sehingga sel darah merah dalam tubuh Ibu terbagi menjadi dua. Pasalnya kandungan zat besi dalam anggur merah lebih banyak dibandingkan dengan jenis anggur lainnya sehinga anemia dapat diatasi dengan mengonsumsi buah ini. 

5. Meningkatkan Sistem Imun

Ibu hamil akan sangat rentan terkena penyakit, misalnya batuk, demam dan juga pilek. Oleh karena itu mereka dianjurkan mengonsumsi vitamin C terutama buah anggur merah ini yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.  Dengan sistem imun yang meningkat atau baik hal ini dapat membuat tubuh bisa menangkal berbagai macam penyakit. 

Nah itulah tadi 5 manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak