facebook

6 Waktu Terbaik Minum Air untuk Menjaga Tubuh agar Tetap Terhidrasi

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
6 Waktu Terbaik Minum Air untuk Menjaga Tubuh agar Tetap Terhidrasi
Ilustrasi minum air (pexels.com)

Tubuh manusia terdiri dari 60 - 70% air, yang menjadikannya sebagai komponen utama dalam tubuh. Mengutip dari laman MedicalNewsToday.com, bahwa air di dalam tubuh berfungsi sebagai pengatur suhu, berbagai reaksi kimia, alat eliminasi sisa metabolisme tubuh dalam bentuk keringat serta urin, mengantarkan zat gizi ke setiap sel tubuh, serta berbagai fungsi lainnya.

Oleh karena itu, manusia wajib mendapatkan asupan air minum setiap hari untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Jumlah asupan air minum pada orang dewasa yang direkomendasikan perhari nya berkisar antara 2,5 - 3 liter air. Namun, jumlah tersebut dapat berubah tergantung berat badan dan umur seseorang. Nah, jika tubuh tidak mendapatkan cukup asupan air minum harian, akan mengakibatkan terjadinya dehidrasi yang dapat mengancam nyawa. Lantas, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi air minum? Mengutip dari laman OnHealth.com, berikut ulasannya.

1. Setelah Bangun Tidur

Selama tidur tubuh anda tidak mendapatkan asupan air minum, oleh karena itu disarankan untuk meminum air sesaat setelah terbangun dari tidur malam. Fungsinya adalah untuk merangsang saluran pencernaan untuk buang air, memastikan tubuh terhidrasi, serta melembabkan kulit.

2. Sebelum, Saat, dan Setelah Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang membutuhkan banyak asupan air minum.Karena pada saat anda berolahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat yang ikut menurunkan jumlah air di dalam tubuh anda. Oleh sebab itu, dengan meminum air sebelum, saat, dan setelah berolahraga akan menjaga tubuh anda untuk tetap terhidrasi. 

3. Ketika Sakit

Tanda dan gejala saat sakit seperti muntah, demam, dan diare akan banyak mengeluarkan air dari dalam tubuh anda. Untuk itu, anda harus tetap minum air yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi. Selain itu anda juga dapat memilih jenis air minum dengan kandungan elektrolit yang tinggi untuk mempercepat proses pengembalian air yang hilang dari tubuh.

4. Saat Menstruasi

Beberapa wanita mungkin mengalami rasa tidak nyaman pada perut saat menstruasi. Dengan mengonsumsi air minum yang cukup, akan membantu memperpendek siklus PMS. Selain itu meminum air yang hangat akan meredakan nyeri panggul dan mencegah perut kembung.

5. Sebelum Makan

Anda dapat meminum air terlebih dahulu sebelum makan (fase preloading), yang bertujuan untuk mengontrol nafsu makan dan menjaga porsi makan agar tidak berlebihan.

6. Ketika Sedang Belajar atau Bekerja

Sekitar 3/4 bagian dari otak manusia terdiri dari air. Jika anda kurang minum sebelum memulai belajar atau bekerja, pembuluh darah pada otak akan menyusut, sehingga menurunkan fokus dan konsentrasi. Cukupi asupan air minum anda terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas belajar atau bekerja.

Itulah enam waktu terbaik minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak