facebook

3 Cara Mengolah Daun Tapak Dara untuk Mengobati Diabetes

Rozi Rista Aga Zidna
3 Cara Mengolah Daun Tapak Dara untuk Mengobati Diabetes
Ilustrasi daun tapak dara (Pixabay.com/fastkitchen)

Tapak dara atau catharanthus roseus adalah tanaman perdu yang memiliki bunga yang muncul dari ketiak daun, dengan kelopak bunga kecil berbentuk paku, dan mahkota ada yang berwarna merah, ada pula yang berwarna putih.

Bunga tapak dara ini berbentuk silinder dan memiliki banyak biji. Tapak dara dibudidayakan dari bijinya yang lembut. Lahan untuk menyemai biji-biji tapak dara bisa menggunakan lahan khusus atau pun memakai pot biasa.

Tapak dara merupakan tanaman yang mudah dirawat. Merawatnya hanya dengan cara memberinya pupuk dan menyiramnya secara rutin. Beberapa hal yang perlu diperhatikan di saat merawat tapak dara adalah pemberian pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi pada awal pertumbuhan. Kemudian diteruskan dengan pemberian pupuk dengan kandungan fosfor yang tinggi setelah tapak dara mulai berbuah. Jika telaten dalam merawat tapak dara, maka sangat memungkinkan untuk memanen tapak dara sepanjang tahun.

Senyawa kimia yang terkandung dalam tapak dara adalah norhanman, vindolinine, vindoline, vincamine, akuamine, vinrosidin, vinleurosin, catharanthine, lochnerine, leurosine, dan tetrahydroalstonine. Di samping itu, tapak dara juga mengandung serpentine, vinblastine, vincristine, ajmalicine, reserpine, serta beberapa senyawa alkaloid lainnya.

Berdasarkan sumber buku Herbal Ajaib tulisan S. Wibowo, terdapat tiga cara mengonsumsi tapak dara untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

1. Dengan 10-16 lembar daun

Siapkan 10 sampai 16 lembar daun tapak dara yang telah dicuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Lalu dinginkan dan disaring. Setelah itu, diminum setiap pagi dan sore hingga penyakit diabetesnya sembuh.

2. Dengan 25-45 gram daun

Siapkan 25-45 gram daun tapak dara kering yang ditambahkan adas pulawaras. Terus rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian dinginkan dan saring. Lalu, minumlah secara teratus, satu kali dalam sehari sampai sembuh.

3. Dengan 3 lembar daun dan 15 kuntum bunga

Siapkan 3 lembar daun dan 15 kuntum bunga tapak dara yang sudah dicuci bersih. Lalu, rebus dengan 4 gelas air sampai tinggal 1,5 gelas. Setelah itu, dinginkan dan disaring. Kemudian, minumlah secara rutin setiap pagi dan sore setelah makan.

Inilah tiga cara mengonsumsi tapak dara untuk penyembuhan penyakit diabetes. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak