facebook

Studi: Olahraga Secara Berlebihan dapat Membahayakan Jantung

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
Studi: Olahraga Secara Berlebihan dapat Membahayakan Jantung
ilustrasi olahraga.[Pexels.com]

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk bagi organ jantung. Namun ada berbagai pendapat yang menyatakan bahwa melakukan olahraga secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Benarkah demikian? Nah untuk itu di artikel kali ini kita akan membahas studi tentang olahraga secara berlebihan dapat membahayakan jantung. Melansir dari laman TheHealthsite.com, berikut pembahasannya.

Sebagian besar orang meyakini bahwa olahraga dapat membentuk tubuh serta memiliki manfaat bagi kesehatan fisik, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan kolesterol. Pernyataan tersebut memang benar adanya, olahraga teratur memang telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kebugaran dan membantu kita mempertahankan berat badan yang ideal. Olahraga juga dapat membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan suasana hati kita. Meski begitu, Dr Anbu Pandain, seorang Penasihat Medis dari Agasta, India menyatakan bahwa olahraga berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan, oleh karenanya sangat penting untuk menyadari risiko yang terkait dengan overexercising bagi kesehatan tersebut.

Memang tidak ada waktu khusus yang menjelaskan berapa lama kita harus berolahraga dalam sehari, karena setiap orang memiliki ketahanan fisiknya masing - masing. Akan tetapi anda dapat Memperhatikan detak jantung saat berolahraga. Jika detak jantung dirasa lebih tinggi dari biasanya, atau Anda merasa jantung berdebar kencang bahkan saat Anda sedang istirahat, itu berarti anda sudah terlalu banyak atau terlalu lama berolahraga. Selain itu perhatikan pula kondisi fisik Anda, Jika Anda merasa terlalu lelah atau bahkan merasakan sakit pada bagian otot, sendi, dan tulang, maka itu juga menjadi sebuah pertanda bahwa Anda perlu mengurangi olahraga tersebut.

Saat Anda berolahraga secara intens, detak jantung Anda akan meningkat dan tubuh Anda juga akan melepaskan hormon stres. Hormon ini pada dasarnya bermanfaat bagi tubuh, namun jika kadarnya terlalu tinggi dan berlangsung secara terus menerus tentu akan mempengaruhi kondisi kesehatan, terlebih jika Anda memang memiliki riwayat penyakit jantung. Terlalu banyak olahraga dapat memperburuk gejala penyakit dan perawatan yang efektif. Selain itu terlalu banyak olahraga juga dapat mengurangi HRV Anda, sehingga membuat Anda menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Ambil setidaknya satu hari libur dari rutinitas olahraga Anda setiap minggu. Jika Anda merasa lelah, jangan memaksakan diri untuk berolahraga.Tubuh kita membutuhkan keseimbangan yang tepat antara olahraga dan istirahat, sehingga kita akan mendapatkan manfaat baik dari olahraga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak