4 Manfaat Almond, Salah Satunya Bisa Menurunkan Rasa Lapar

Mericy setianingrum
4 Manfaat Almond, Salah Satunya Bisa Menurunkan Rasa Lapar
Ilustrasi kacang almond (Pixabay.com/stevepb)

Siapa tidak asing dengan almond yang mempunyai cita rasa yang gurih, bertekstur renyah dan tentunya lezat. Maka tak heran apabila almond ini kerap dijadikan campuran atau kudapan. Namun, di balik rasanya lezat, almond ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Almond atau yang mempunyai nama latin (Prunus dulcis) adalah tanaman asli Timur Tengah. 

Sebenarnya, almond itu bukan kacang tetapi lebih pada buah berbiji yang mempunyai kulit luar dan diselubungi cangkang keras. Selain itu, almond ini bisa menawarkan sejumlah nutrisi penting bagi tubuh yakni mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, 37 persen vitamin E, 20 persen magnesium, 32 persen mangan, vitamin B2, dan fosfor dalam jumlah yang cukup. 

Dirangkum dari Klikdokter.com, berikut ini adalah manfaat kacang almond untuk kesehatan manusia: 

1. Kaya Antioksidan 

Almond mengandung vitamin E yang mana adalah antioksidan larut dalam lemak yang bertugas membangun sel-sel tubuh dan melindungi dari radikal bebas yang mengakibatkan inflamasi, penuaan hingga kanker. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 60 pria perokok dan mengonsumsi almond 3 ons setiap hari menunjukkan hasil sel oksidatif menurun. 

2. Menurunkan Kadar Kolesterol 

Almond telah menunjukkan secara efektif dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan mengonsumsi ini maka kadar kolesterol baik atau HDL terjaga. Dalam sebuah percobaan terhadap 65 orang dengan kondisi pradiabetes dan mengonsumsi almond kadar kolesterol jahat dalam tubuh menurun serta kesehatan jantung terjaga. 

3. Baik untuk Kesehatan Kulit 

Kandungan vitamin E pada almond baik untuk kesehatan kulit dan membuat tampak cerah karena kandungan antikosidan yang dapat melawan radikal bebas. Selain itu kandungan protein dan vitamin pada almond juga dapat membantu kadar air pada kulit sehingga tampak lembap dan lembut.  

Kacang almond juga baik untuk kesehatan rambut karena mengandung magnesium yang dapat mengurangi kerontokan dan memperbaiki kualitas rambut.

4. Menurunkan Rasa Lapar 

Almond mengandung protein dan tinggi serat sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang namun membantu lebih sedikit kalori. Dalam sebuah studi terhadap 137 peserta menunjukkan bahwa almond dapat menurunkan rasa lapar dan keinginan makan secara siginifikan. 

Nah itulah tadi beberapa manfaat almond untuk kesehatan yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak