5 Cara Perbaiki Pola Tidur yang Berantakan, Segera Atasi Insomniamu!

Zahrin Nur Azizah
5 Cara Perbaiki Pola Tidur yang Berantakan, Segera Atasi Insomniamu!
Ilustrasi wanita yang sedang susah tidur (Pexels/cottonbro)

Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan badan dan juga pikiran. Dengan tidur yang cukup, kesehatan tubuh kita akan terjaga dan juga akan tetap optimal. Oleh karena itu, menjaga pola tidur juga sama pentingnya dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan sehat.

Gangguan pada tidur bisa terjadi pada segala usia baik itu wanita maupun pria. Salah satu gangguan tidur yang kerap kali terjadi yaitu jam tidur yang berantakan.

Tentu saja kebiasaan buruk ini akan memperngaruhi kesehatan mulai dari penambahan berat badan, memicu depresi, dan penyakit serius lainnya yang bisa menimpa dewasa maupun anak-anak.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, sebaiknya kamu mulai memperbaiki pola tidur berantakan tersebut. Merangkum dari Klikdokter dan Hellosehat, inilah 5 cara mudah untuk perbaiki pola tidur sehingga terhindar dari insomnia.

1. Mengatur Jadwal Tidur

Seperti yang kita ketahui jam tidur normal rata-rata sekitar 7-8 jam saat malam hari. Sayangnya tidak semua orang bisa memenuhi jam tidur tersebut.

Tentu saja jika ditanya banyak sekali alasan mengapa jam tidur malam bisa jauh dari kata ideal. Mulai dari masih sibuk bekerja, bekerja shift malam, atau bahkan begadang untuk menonton film atau drama.

Jika waktu tidurmu kurang dari durasi tersebut, cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut dengan mencoba membuat jadwal tidur yang baik.

Contohnya seperti segera tidur atau tidur lebih awal dari biasanya dan bangun lebih awal. Lakukan kebiasaan ini setiap hari termasuk di hari libur. Memang di awal akan terasa sulit, namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka jam biologis tubuh akan mengikuti dan tentu saja pola tidur juga akan berubah menjadi lebih baik.

2. Perhatikan apa yang dikonsumsi sebelum tidur

Perhatikan juga apa yang kamu konsumsi sebelum tidur. Sebaiknya hindari minuman yang berkafein seperti kopi dan minuman berenergi lainnya.

Selain minuman tersebut, hindari juga makan makanan yang asam dan pedas. Disarankan untuk menggantinya dengan minum air putih, namun jangan melakukannya tepat sebelum tidur malam. Usahakan ketika akan tidur perut dalam keadaan tidak kenyang dan juga tidak kosong, sehingga bisa membuat tidurmu lebih nyaman. 

3. Buat kamar tidur menjadi ruangan yang nyaman

Untuk memperbaiki pola tidur, ada baiknya jika kamu menata kamar tidurmu menjadi ruangan yang nyaman. Bersihkan semua benda-benda yang kotor dan rapikan tempat tidur. Karena dengan lingkungan yang bersih dan rapi akan membuat tubuhmu menjadi rileks dengan sendirinya dan tentu saja berpengaruh baik pada pola tidur. 

Selain itu, faktor pencahayaan juga berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Pastikan kamu tidur dalam ruangan yang redup karena dengan lingkungan yang seperti ini bisa membuatmu lebih mudah mengantuk dan tertidur. 

4. Jangan tidur siang terlalu lama

Jika kamu termasuk orang yang biasanya tidur di siang hari, pastikan durasinya tidak terlalu lama. Atur durasi tidur siangmu 20-30 menit saja atau tidak lebih dari satu jam. Karena jika melebihi dari satu jam, maka dapat memengaruhi jam tidur malam. Selain itu, pastikan juga agar tidak tidur setelah makan siang. 

5. Konsisten dengan jadwal tidur yang telah dibuat

Setelah membuat jadwal dan rutinitas yang dilakukan sebelum tidur, kini kamu harus bisa komitmen dengan apa yang sudah kamu tetapkan. Konsistensi sangat diperlukan agar tujuanmu untuk memperbaiki pola tidur dapat berhasil. 

Memperbaiki pola tidur tidak kalah pentingnya dengan menjaga rutinitas berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Mungkin cara-cara di atas terlihat sulit untuk dikerjakan. Namun, seiring waktu tubuhmu akan mulai beradaptasi, sehingga jam biologis tubuh akan berubah dan mengikuti pola tidur sekarang yang lebih sehat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak