Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin, Bisa Bantu Atasi Gejala Depresi

Mericy setianingrum
Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin, Bisa Bantu Atasi Gejala Depresi
Ilustrasi mandi pagi air dingin (Freepik.com/Rawpixel)

Mandi di pagi hari dengan menggunakan air dingin ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan terutama menjaga kadar kortisol lebih rendah.  

Kemudian menurut ahli dermatologi mandi pagi dapat membuat seseorang seperti sedang bermeditasi dan baik untuk menjaga kadar kortisol tetap rendah.  

Adapula anggapan bahwa mandi pagi dengan air dingin dapat meningkatkan kreativitas lewat beberapa penelitian.  

Maka dari itu, apabila kalian mengalami masalah dan membutuhkan solusi cara yang cukup ampuh adalah dengan melakukan aktivitas mandi pagi dengan menggunakan air dingin.  

Dirangkum dari hellosehat.com, berikut ini adalah beberapa manfaat mandi pagi dengan air dingin bagi kesehatan tubuh:  

1. Baik untuk daya tahan tubuh 

Pada saat seseorang mandi pagi dengan air dingin hal ini dapat meningkatkan sel darah putih atau leukosit yang mana berperan dalam melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Dengan rutin mandi di pagi hari menggunakan air dingin hal ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.  

2. Baik untuk peredaran darah dan kesuburan 

Dengan rutin mandi pagi memakai air dingin hal ini pun dapat meningkatkan peredaran darah sehingga tubuh terasa sehat. Selain itu bisa meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita dan testosteron pada pria yang mana kesuburan akan meningkat.  

3. Bantu atasi gejala depresi  

Air yang dingin ternyata mampu melepaskan hormon endorfin yakni hormon yanf dapar melawan stres sehingga bisa membantu kamu atau penderita gangguan depresi. 

4. Dapat menurunkan berat badan 

Mandi pagi dengan air dingin ternyata juga bisa menurunkan berat badan lho. Pasalnya, hal ini akan mengaktifkan jaringan lemak  jaringan lemak cokelat di dalam tubuh yang kemudian dapat berubah menjadi energi panas. 

5. Meredakan nyeri otot dan membuat rambut kuat 

Tidak hanya mandi dengan air hangat saja yang dapat memberikan efek  relaksasi dan meredakan nyeri otot. Ternyata mandi dengan air dingin juga dapat membantu mengatasi gangguaan nyeri atau peradangan otot.  

Kemudian air dingin juga dapat membuat pori-pori kulit kepala lebih kencang. Selain itu, rambur akan menjadi lebih kuat, tidak mudah rontok dan lapisan kutikula rambut juga dapat bertambah serta lebih bercahaya.  

Nah, itulah tadi beberapa manfaat mandi pagi dengan air dingin bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak