5 Tips agar Tubuh Tetap Sehat meski Menjadi Night Owl

Dian Haerani
5 Tips agar Tubuh Tetap Sehat meski Menjadi Night Owl
Ilustrasi begadang. (pexels.com/Ron Lach)

Night owl, seseorang yang terbiasa aktif dan melakukan pekerjaan di malam hari. Menjadi seorang yang lebih sering terjaga di malam hari dibanding siang hari diketahui memiliki banyak risiko penyakit yang bisa menyerang tubuh. Tapi bukan hal yang mudah juga untuk mengubah jadwal tidur bagi sebagian orang. Apalagi kebanyakan orang menjadi lebih kreatif dan memunculkan banyak ide cemerlang pada malam hari. Hal ini karena pada malam hari, keadaan menjadi lebih tenang sehingga otak kita pun lebih mampu bekerja secara optimal.

Meski dianggap bukan hal yang baik, kamu bisa lho tetap jadi kaum night owl yang sehat. Simak 5 tips yang dilansir dari lifehack.org di bawah ini!

1. Pastikan Kamu Mendapat Tidur Yang Cukup

Normalnya manusia membutuhkan 7-9 jam waktu tidur setiap harinya. Night owl sering dikatakan berisiko terserang banyak penyakit karena kebanyakan dari mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup. Seringkali setelah tidur di jam yang larut, night owl memulai aktifitasnya kembali berbarengan dengan para morning person.

Kalau ingin jadi ‘manusia kelelawar’ yang tetap sehat, pastikan waktu tidurmu cukup ya.

2. Tetapkan Jadwal Tidur Yang Konsisten

Agar bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari, baiknya kita mengatur jadwal yang konsisten untuk waktu pergi tidur dan bangun. Hal ini mungkin tidak mudah juga, tapi pasti bisa kalau dilakukan perlahan-lahan selama beberapa hari.

3. Lakukan Diet

Salah satu penyakit yang dianggap rentan menyerang para night owl adalah diabetes. Maka dari itu wajib bagi para night owl untuk memerhatikan pola makannya dengan baik. Jangan sampai karena makan kita yang sembarangan, kita jadi terserang diabetes.

4. Jangan Berolahraga Terlalu Larut

Mentang-mentang lebih berenergi di malam hari, kita jadi melakukan olahraga berat di malam yang larut. Tetap lakukan olahraga yang rutin di jam-jam normal seperti pagi dan sore hari. Jangan lakukan olahraga di jam yang mendekati waktu tidur karena akan memengaruhi kualitas tidur kita.

5. Selalu Ingat Bahwa Istirahat Itu Penting

Night owl sering mengabaikan kebutuhan istirahat mereka karena memang tidak merasa mengantuk. Padahal meski merasa tetap kuat, tubuh kita perlu istirahat yang cukup agar bisa tetap dalam daya tahan yang maksimal. Jadi, ingatkan dirimu untuk selalu beristirahat sesuai porsinya.

Itu dia 5 tips agar tetap bisa menyeimbangkan kesehatan tubuh sebagai seorang night owl. Keep healthy, keep productive!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak