5 Cara Survive dan Tetap Sehat di Musim Pancaroba, Kamu Perlu Vitamin!

Dian Haerani
5 Cara Survive dan Tetap Sehat di Musim Pancaroba, Kamu Perlu Vitamin!
ilustrasi orang sakit (pixabay/Mojpe)

Sudah tidak asing lagi dengan musim pancaroba di Indonesia bukan? Yap! Musim pancaroba adalah musim ketika cuaca berganti-ganti secara tak menentu. Biasanya pada musim ini, banyak yang terserang penyakit seperti demam, batuk, pilek, sampai tipes.

Berdasarkan artikel pada combiphar.com, hal ini bisa terjadi karena perubahan suhu udara yang secara drastis bisa mempengaruhi sistem imun dan meningkatkan resiko bertumbuhnya virus dan bakteri. Selain itu, udara panas yang terjadi selama musim pancaroba menimbulkan banyak debu yang masuk ke saluran pernafasan.

Agar tubuh kita tidak terserang penyakit di musim pancaroba, kita bisa melakukan antisipasi seperti hal-hal dibawah ini untuk mencegah penyakit yang bisa saja menyerang.

1. Tidur yang Cukup dan Teratur

Kalau kamu biasanya bodo amat dengan jadwal tidurmu, di musim pancaroba coba ubahlah dulu kebiasaan itu. Biasanya tubuh yang kekurangan tidur memiliki sistem imun yang lebih rentan terserang penyakit. Usahakan agar kamu mendapat jatah tidur minimal tujuh jam setiap harinya.

2. Minum Air Putih

Untuk mencegah virus dan bakteri yang bertumbuh lalu menimbulkan penyakit, minum air putih dua liter per hari agar tubuhmu bersih dari bakteri-bakteri jahat.

3. Olahraga

Orang yang rajin berolahraga biasanya memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Penyakit pun tidak akan menyerang dengan mudah. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat kalau kamu tidak terbiasa, cukup berjalan kaki dengan jarak yang sedikit jauh di pagi hari bisa membuatmu merasa lebih sehat.

4. Rajin Mencuci Tangan

Karena udara yang kadang juga menjadi sangat lembab, benda-benda di sekitar kita jadi ditumbuhi berbagai macam bakteri juga. Jadi jangan lupa selalu mencuci tanganmu terutama setelah menyentuh objek-objek yang sering disentuh oleh orang lain juga.

5. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C juga memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Maka dari itu di samping air putih dan makanan bergizi, kita perlu juga mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang sesuai.

Apa di sekitarmu juga sedang banyak orang yang sakit? Atau justru kamu sendiri? Yuk terapkan tips di atas agar lebih terhindar dari penyakit ala musim pancaroba! Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak